Hindari Kontak Fisik, Honda Mulai Uji Coba Robot Kurir 

Honda uji coba robot kurir di JepangHonda uji coba robot kurir di Jepang (Foto: Honda Motor .Co.Ltd)
Honda uji coba robot kurir di JepangHonda uji coba robot kurir di Jepang (Foto: Honda Motor .Co.Ltd)

Autogear.id - Selain melakukan riset dan pengembangan mobil, Honda Motor Co., Ltd. dan Rakuten Group Co., Ltd. juga mulai melakukan uji coba demonstrasi dari robot pengiriman otomatis ramah lingkungan yang dikembangkan bersama. 

Percobaan robot tersebut dilakukan di sekitar asrama Universitas Tsukuba, Tokyo, Jepang dan beberapa jalan umum yang dimulai sejak tanggal 19 Juli sampai 31 Agustus 2021.

Uji coba ini segera dilakukan, dengan mempertimbangkan efek dari pandemi covid-19. Ketika kebutuhan untuk pengiriman jarak jauh tanpa kontak fisik meningkat. 

Sedangkan khusus di Jepang, tenaga kerja pengiriman semakin menyusut, karena penurunan angka kelahiran. Sementara populasi orang tua meningkat, menjadikan ini sebagai masalah sosial. 

Sebetulnya, robot pengiriman otomatis dengan memanfaatkan teknologi robotika ini telah diteliti pabrikan Honda selama bertahun-tahun. Dengan menggabungkan pengetahuan akan layanan pengiriman dari Rakuten.

Pada projek ini, Honda memiliki peran dalam pengembangan pesawat, sistem, pemeriksaan spesifikasi, serta melakukan demonstrasi teknis. 

Robot ini juga dilengkapi kotak pengantaran produk yang dikembangkan oleh Rakuten, pada sasis yang dilengkapi fungsi pengantaran otomatis. Sasis tersebut dikembangkan Honda menggunakan Honda Mobile Power Pack sebagai sumber daya.

Tanpa menafikan pihak lain, Honda dan Rakuten mengakui kalau eksperimen demonstrasi ini juga dilakukan atas dukungan dari New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO). 

Menyikapi adanya robot pengiriman otomatis ramah lingkungan ini, membuat Honda berjanji ke depannya akan terus berkontribusi dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkelanjutan. 

Mencoba membantu memecahkan sejumlah permasalahan sosial, melalui penggunaan teknologi robotika. Di samping itu, lebih lanjut juga mempromosikan penggunaan energi terbarukan.


(acf)