Modifikasi Motor

Tips Modifikasi Honda ADV150 ala Atenx Katros  

Tips modifikasi Honda ADV150 agar tetap fungsional sebagai motor harian. AHM
Tips modifikasi Honda ADV150 agar tetap fungsional sebagai motor harian. AHM
Jakarta: Honda ADV150 memang secara fenomenal bikin geger pameran otomotif nasional khusus mobil yaitu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 yang berlangsung pada pertengahan hingga akhir Juli. Betapa tidak, stand brand tersebut di pameran otomotif ini tak pernah sepi pengunjung.
 
Permintaan akan motor ini pun cukup besar dan menurut Honda, pengiriman sudah dilakukan di akhir Juli atau awal Agustus. Jika melihat di lini masa ragam media sosial, beberapa di antaranya memang sudah mendapat unit motornya bahkan sudah ada yang berniat melakukan modifikasi di beberapa bagian.
 
Menurut Andi Akbar atau yang akrab dikenal dengan Atenx Katros yang merupakan builder yang membangun motor milik Presiden RI Joko Widodo dan anaknya Gibran Rakabuming, bahwa melakukan modifikasi terhadap motor baru tak perlu terlalu ekstrim. Apalagi untuk penggunaan rutin harian.
 
"Intinya ini kan motor yang main di segmen baru dan pastinya belum ada yang menjual komponen aksesoris untuk ubahan yang bisa membuatnya berubah drastis. Untuk itu penting untuk membuat personalisasi yang lebih fungsional dan masuk akal. Misalnya mengubah terlebih dahulu bungkus jok jadi two tone, lalu spion bisa pake dimensi yang lebih kecil dan setang yang ukurannya beragam sesuai dengan tingkat kenyamanan sang empunya," ujar Atenx.
 
Ubahan-ubahan kecil ini, meski kecil, namun secara tampilan atau look sudah bisa membuat berbeda. Ia juga menegaskan bahwa Ia sudah mulai meriset windshield ragam warna yang tepat buat motor tersebut. Sehingga nantinya bagi yang kurang puas dengan windshield ADV150 bawaan ini, bisa sambangi Katros Garage.
 
Ubahan untuk sisi tampilan juga bisa dipermanis dengan menggunakan wrapping sticker. Cara ini biasanya dilakukan untuk membuat bodi motor lebih terlindungi dari goresan. Kemudian di bagian mesin, bisa melakukan modifikasi di bagian roller dan CVT. Tapi perlu diingat, khusus modifikasi bagian CVT, tentu Anda harus merelakan garansi untuk mesin. Mengingat bagian ini masuk dalam rangkaian yang kena garansi mesin dari Honda.
 
"Saya kira kalau mau modifikasi bagian mesin juga enggak susah lah, toh ini pakai basis motor PCX kan? jadi tidak sulit cari komponen modifikasinya. Tapi kalau dari sisi tampilan sih, ya saran saya yang fungsional dipakai harian saja."
 
Kalau Anda? Setuju dengan bung Atenx?
 
(uda)