Pre-Race Formula 1 Arab 2022

Kejutan-Kejutan Jelang F1 Jeddah, Bikin Penasaran Siapa Pemenangnya

Kejutan demi kejutan terjadi di sesi pre race Formula 1 Arab. Mulai dari pabrik oli Aramco kena misil (rudal), kecelakaan Mick Schumacher, hingga posisi pole yang diraih Sergio Perez. F1
Kejutan demi kejutan terjadi di sesi pre race Formula 1 Arab. Mulai dari pabrik oli Aramco kena misil (rudal), kecelakaan Mick Schumacher, hingga posisi pole yang diraih Sergio Perez. F1

Autogear.id - Kejutan demi kejutan terjadi menjelang terlaksananya seri kedua Formula 1 2022. Selain karena pagelaran seri balap ini yang memajukan jadwal Jeddah, Mekkah, juga karena ada hal tak terduga menjelang digelarnya balapan pada Minggu hari ini (27/3/2022).

Kejutan pertama adalah meledaknya pabrik pengolahan pelumas milik Aramco yang tak jauh dari lokasi penyelenggaraan balap di kota tersebut. Menurut otoritas setempat, hal ini takkan mempengaruhi keputusan untuk tetap melaksanakan balapan di sana. Padahal beberapa pembalap termasuk Lewis Hamilton merasa hal ini tak wajar.

Meledaknya pabrik pengolahan minyak milik Aramco tersebut terjadi pada Jumat sore dan membuat segenap pengambil keputusan, tim hingga pembalap langsung mengadakan pertemuan terbatas soal pelaksanaan balap di sana. Namun hasilnya, penyelenggara balap ini memutuskan bahwa tak ada alasan tepat untuk menghentikan penyelenggaraan balap kali ini.

Kejutan kedua adalah terjadinya kecelakaan parah yang dialami oleh Mick Schumacher. Kecelakaan ini membuatnya mengalami gegar otak ringan dan diputuskan agar tidak mengikuti sesi balapan. Penyebabnya adalah benturan keras yang terjadi ketika mobilnya kehilangan grip dan menghantam pagar pembatas sirkuit.

Baca Juga:
Tenang, Suku Cadang Fuso Euro4 80 Persen Masih Bawaan Euro2

Kejutan ketiga adalah Lewis Hamilton yang tak lolos dari kualifikasi pertama. Ini menjadi pertama kali Ia rasakan sejak beberapa tahun lalu. Ia akan mengawali balapan dari posisi start 16 dan Ia sepertinya terlihat kurang termotivasi di seri ini. Hal yang ditentangnya adalah soal penyelenggaraan balap F1 Jeddah ini terkesan dipaksakan menyusul adanya peledakan misil yang menghancurkan pabrik Aramco.

Hal keempat adalah posisi start pole yang diraih oleh Sergio perez. Ini jadi pembuka musim yang menyenangkan bagi tim Red Bull setelah mengalami kegagalan total di seri pembuka F1 Bahrain sepekan sebelumnya. Mereka mengalami masalah teknis di kendaraannya dan harus berakhir tanpa sepeser poin pun untuk berlaga di seri kedua.

Ini menjadi langkah bagus sekaligus membuka peluang besar bagi kedua pembalapnya tampil bagus. Mengingat Perez mampu membuat duo Ferrari yang mengawali musim dengan baik, harus rela bergeser ke posisi start di belakangnya. Tentu peran Max Verstappen yang akan mengawali balapan dari posisi keempat juga akan cukup penting. 

Apalagi jika melihat dominasi tim Ferrari mulai dari sesi latihan cukup besar. Tinggal memainkan strategi yang tepat untuk meredam dominasi mereka sepanjang balapan nanti. Seperti apa nanti balapannya? Kita tunggu saja hasilnya malam ini. 


(uda)