Industri Otomotif

Tren Penjualan Suku Cadang Resmi Mulai Bergeser

Suku cadang resmi Suzuki. sim
Suku cadang resmi Suzuki. sim

Autogear.id: Pandemi Covid-19 memang merubah cara hidup banyak orang. Upaya meminimalisir aktifitas di luar rumah selama pandemi membuat masyarakat lebih memilih melakukan pembelian barang kebutuhan secara online. 

Kondisi ini juga berlaku terhadap penjualan suku cadang yang nyatanya juga meningkat lewat pembelian dari jalur digital. 

Suzuki Indonesia melalui aplikasi My Suzuki menjadi alternatif saluran pembelian suku cadang resmi Suzuki selama pandemi. Kontribusi penjualan suku cadang online bahkan membuat jumlah transaksi kembali stabil di bulan Juni 2020 meskipun sempat turun di bulan April dan Mei 2020. 

Sparepart Dept. Head PT Suzuki Indomobil Motor (SIM), Christiana Yuwantie menjelaskan bahwa Jabodetabek menjadi kontributor terbesar penjualan suku cadang dan aksesori, dimana Juni lalu berhasil meraih peningkatan revenue sebesar 135,5% untuk sepeda motor dan 102,1% untuk segmen mobil jika dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama.

Kemudian disusul Jawa Tengah untuk segmen mobil dan sepeda motor, Jawa Timur untuk sepeda motor, dan Sumatera untuk mobil.

"Permintaan masyarakat terhadap suku cadang dan aksesori akan terus kami penuhi dan pastikan ketersediaannya. Kami harap masyarakat bisa tetap aman dan nyaman dalam bertransportasi dengan menggunakan suku cadang resmi,” ujar Christiana dalam keterangan resminya. 

Tren konsumen yang makin menyukai saluran digital membuat Suzuki terus mengembangkan layanan digital mereka. Seperti aplikasi yang dapat diunduh di App Store dan Play Store, hingga layanan home service, dan pick up service yang memanjakan konsumen. 

Selain Suzuki, beberapa brand otomotif lainnya juga melakukan hal yang sama yakni berlomba-lomba menghadirkan layanan digital seperti Toyota, Honda, Mitsubishi, BMW, dan lain-lain. 


(uda)