Modifikasi Yamaha MT-15: Berkonsep Hyper Naked Jadi Lebih Sangar

Yamaha MT-15 Hyper Naked asal Jambi (Foto: Yamaha DDS Jambi)
Yamaha MT-15 Hyper Naked asal Jambi (Foto: Yamaha DDS Jambi)

Autogear.id – Modifikasi menjadi salah satu hobi yang tak lekang oleh waktu. Dari waktu ke waktu, selalu saja ada gaya yang menjadi tren dalam dunia modifikasi. 

Selama ini banyak konsep modifikasi motor yang apik dan menarik. Kemudian direalisasikan oleh para modifikator, serta pemilik motor di Tanah Air. Mulai dari perubahan minimalis, hingga modifikasi besar-besaran. 

Lihat saja yang dilakukan Lius, salah seorang pemilik Yamaha MT-15 asal Jambi. Berbekal ‘imajinasi liar’ nya, namun tetap memiliki konsep yang bisa dipertanggungjawabkan.

Dalam kurun waktu 7 (tujuh) bulan, motor bergaya naked bike sebagai salah satu unggulan Yamaha tersebut langsung berubah wujud. Lius merombak Yamaha MT-15 kesayangannya jadi tambah sangar, dengan mengusung konsep Hyper Naked.

Sebenarnya, imajinasi Lius tidak liar-liar amat. Karena sontak muncul lantaran melihat karakteristik MT Series yang terkesan sangar dan agresif. 

Meski berubah wujud, tetapi tak terlalu banyak ubahan tampilan yang dilakukan. Lius cukup melakukan sejumlah ubahan pada sektor kaki-kaki, dan swing arm yang diperlebar. Guna mengakomodir profil ban MT-15 yang lumayan gembrot.

“Kalau saya perhatikan, dari bawaan awal Yamaha MT-15 sudah berpostur kekar. Sehingga tak perlu terlalu banyak dimodifikasi. Hanya meng-upgrade beberapa komponen, untuk memperlihatkan sosok yang lebih sangar,” jelasnya.

embedMenurut Lius, pada dasarnya, dalam memodifikasi MT-15, hal yang perlu selalu diperhatikan adalah jangan mengurangi fungsi awal dari kendaraan. 

Walaupun tidak banyak ubahan yang dilakukan, Lius mengaku untuk memodifikasi MT-15 miliknya ini harus merogoh kocek yang lumayan dalam. 

Pria kelahiran 11 Desember 1986 itu menguras budget modifikasi yang tak sedikit, lantaran ragam aksesoris yang disematkan pada motor ‘Hyper Naked’ nya merupakan barang-barang branded. 

“Memang budget lumayan. Saya keluarkan biaya modifikasi sekitar Rp30 juta. Tetapi, dengan budget segitu, saya merasa puas kok. Karena di mata saya, hasilnya sangat memuaskan,” aku Lius. 

Secara spek produksi, Yamaha MT-15 sendiri menggendong mesin berkapasitas 155cc 4-katup dengan 6-percepatan. Bertenaga maksimum 14,2 kW/ 10.000 rpm, dan torsi maksimum 14,7 Nm/ 8.500 rpm. Mesin MT-15 dilengkapi Liquid Cooled, serta Variable Valve Actuation (VVA). 

Naked bike Yamaha MT-15 juga menggunakan fitur Assist, yang membuat kopling menjadi ringan. Serta adanya teknologi Slipper Clutch, guna memperhalus proses perpindahan gigi.

Sementara teknologi DiAsil Cylinder & Forged Piston pada ‘motor laki’ ini diklaim Yamaha mampu membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat dan ringan.


(acf)