Industri Otomotif

#GerakanOtomotifNasional, Upaya Lahirkan Pengusaha Bidang Otomotif

Motor custom milik Jokowi kreasi Katros Garage. dok medcom
Motor custom milik Jokowi kreasi Katros Garage. dok medcom

Autogear.id: Kementerian Perindustrian berkolaborasi dengan Tokopedia dalam menggagas kampanye #GerakanOtomotifNasional. Kerja sama ini merupakan inovasi di sektor otomotif dengan memanfaatkan sarana penjualan online sehingga semakin banyak pengusaha lokal otomotif yang mampu meraih sukses.

Program ini akan berlangsung selama 22-29 Juni 2020. Masyarakat dapat menemukan berbagai kurasi produk otomotif, inspirasi kisah pegiat usaha lokal otomotif binaan, serta informasi lebih lanjut terkait kampanye melalui halaman khusus di Tokopedia.

Pada 2019, industri otomotif merupakan salah satu sektor yang berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional, khususnya terhadap PDB non-migas sebesar 3,98 persen. Penjualan daring pun menjadi tumpuan baru bagi para pengusaha lokal otomotif untuk terus menjaga pertumbuhan usaha.

Menteri Perindustrian RI, Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan kampanye #GerakanOtomotifNasional bertujuan mengajak masyarakat untuk mendukung IKM lokal di sektor otomotif agar mereka dapat terus mengembangkan usahanya melalui platform daring.

"Inisiatif ini juga sejalan dengan fokus pemerintah untuk membangkitkan kembali semangat pelaku IKM dalam menghasilkan produk otomotif lokal berdaya saing demi memenuhi kebutuhan pasar domestik hingga ekspor," ujar Agus. 

Dalam kesempatan yang sama, CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya juga menyambut baik kerjasama ini.

"Kampanye #GerakanOtomotifNasional ini merupakan salah satu komitmen kami bersama para mitra strategis dalam memastikan pelaku industri otomotif lokal, dapat terus menjalankan bisnisnya secara online melalui Tokopedia, sekaligus menjaga perputaran roda ekonomi Indonesia di tengah pandemi ini," terang William. 

“Kami akan terus memberikan panggung seluas-luasnya bagi para pelaku usaha lokal, agar mereka dapat terus beradaptasi dan berinovasi dalam menjawab tantangan pandemi,” lanjut William. 

Adapun beberapa contoh pengusaha otomotif lokal yang terbilang sukses memaksimalkan platform e-Commerce antara lain Rizal Putra, pemilik Nutens serta Andi “Atenx” Akbar, pemilik CustomKit yang sekaligus founder Katros Garage.


(uda)