Lelang Mobil Balap

Lawan Covid-19 dan Cerita Dibalik Lelang Mobil Rally

Mobil rally berbasis Proton Neo spek kejurnas rally kelas F1 dilelang untuk perangi Covid-19. ig/irzamiichwan
Mobil rally berbasis Proton Neo spek kejurnas rally kelas F1 dilelang untuk perangi Covid-19. ig/irzamiichwan

Autogear.id: Pereli asal Malang, Ichwan Irzami turut berkontribusi untuk memerangi wabah Covid-19 dengan cara yang berbeda. Pria yang akrab disapa Irzami memutuskan untuk melelang mobil rally kesayangannya Proton Satria Neo yang kerap mengantarkan Irzami meraih banyak podium di ajang kejuaraan nasional rally. 

"Mobil ini track recordnya tampil reguler di Kejurnas Rally tahun 2016 dan 2017 untuk kelas F1 mesin 1600cc. Saya sendiri yang jadi drivernya. Tahun lalu off, dan terakhir di Jogja kemarin dapat juara," kata Irzami kepada redaksi Autogear, Sabtu (28/3/2020). 

Nantinya setengah dari hasil lelang tersebut akan digunakan untuk membantu para pejuang medis dan masyarakat kurang mampu untuk melewati masa-masa sulit di tengah wabah virus Korona. 

Tak butuh waktu lama, mobil Proton Neo itu ternyata sudah terjual. Irzami hanya memposting pengumuman lelang di grup Facebook "Komunitas Rally Indonesia" dan langsung mendapatkan respon positif dari rekan-rekan komunitas rally. 

Dalam postingan lelang, Irzami mematok harga lelang start dari nominal Rp120 juta. "Barusan laku, beberapa jam yang lalu. Teman dari Jawa Timur yang beli, salah satu pengusaha dari Sidoarjo. Langsung saya tutup di Rp120 juta. Sebenarnya menurut teman-teman pasarannya di Rp150-200 juta karena udah direfresh dan siap balap. Tapi karena momen sekarang ini arahnya beda, lebih ke tujuan amal," sambung pria kelahiran 22 November 1979 tersebut. 

Rasa Simpati Kepada Pejuang Medis

Ada yang menarik dari motivasi Irzami menjual mobil rally kesayangannya. Di satu sisi, alasannya adalah ingin memberi inspirasi dalam hal memerangi Covid-19, selain itu Irzami merasa prihatin dengan para pejuang medis yang bekerja dengan peralatan yang minim dalam menangani pasien Covid-19. 

"Jadi kemarin itu mendadak aja, saat lihat youtube dokter Tirta dia menyindir youtuber-youtuber kaya yang suka pamer-pamer mobil mewah agar menjual salah satu mobil mereka untuk bantu-bantu pejuang medis. Saya kepikiran, lalu kebetulan ada teman lagi galang dana juga di Malang, dia lelang mobilnya. Kebetulan lagi, mobil rally saya masih ada satu lagi tapi masih proses ngebangun. Jadi untuk sekarang yang bisa cepat dilelang adanya yang Proton." 

"Ini sama sekali bukan untuk pamer atau apapun, hanya memberi inspirasi aja dalam membantu pihak-pihak yang berjuang melawan virus corona sekalian ngurangin mainan," beber Irzami yang sedang menyelesaikan proses mobil rally barunya berbasis Ford Fiesta dengan sistem penggerak 4 roda (4WD). 

Seperti komitmen awalnya, setengah dari hasil penjualan mobil Rally Proton Satria Neo tersebut akan secepatnya disalurkan untuk program-program memerangi Covid-19. Termasuk donasi langsung ataupun via lembaga/organisasi amal hingga bagi-bagi beras untuk masyarakat yang membutuhkan. 


(uda)