Supercar

Biaya Servis dan Ganti Ban Bugatti Chiron, Bisa Beli Avanza Baru 4 Unit?

Bugatti Chiron Pur Sport selain harganya yang super mahal, juga biaya perawatannya bikin dahi berkerut. SoftNews
Bugatti Chiron Pur Sport selain harganya yang super mahal, juga biaya perawatannya bikin dahi berkerut. SoftNews

Autogear.id - Bugatti Chiron adalah satu dari beberapa hypercar yang dianggap punya kasta tertinggi. Tenaga yang besar lebih dari 1000 daya kuda, membuat mobil ini punya pesona yang tak ada habisnya dilihat dari sisi mana pun juga. 

Namun ada fakta unik yang dibeberkan Mircea Panait dari ulasan khususnya di Autoevolution tentang varian Bugatti bernama Chiron Pur Sport. Yaitu tentang biaya servis pertama dan penggantian ban satu set mobil tersebut. Dari data yang ada, biaya servis pertama hanya mencakup penggantian pelumas khusus dan coolant, dengan banderol $25 ribu US atau sebesar Rp357 juta untuk kurs saat ini.

Pengantian dua hal tersebut, paling ditambah dengan pengecekan beberapa hal lain dan terbilang komponen terpakai dan rentan mengalami masalah. Misalnya sistem pengereman, lampu-lampu, bagian kaki-kaki, bodi bagian bawa dan berbagai hal lain yang layak untuk dicek. 

Baca Juga:
Siap-Siap, Honda Bakal Luncurkan Tim MotoGP Jumat Pekan Ini

Namun jika mengalami masalah pada komponen-komponen tersebut dan harus dilakukan servis khusus atau penggantian, tentu harganya akan berbeda lagi. Nah, untuk harga ini, pasti akan punya banderol berbeda. Jadi akan berbeda dengan jika Anda memiliki mobil MPV baru atau SUV reguler yang biasanya free penggantian pelumas di awal atau pun penggantian dan penambahan coolant.

Tapi yang bikin takjub adalah ketika Anda harus mengganti ban satu set langsung di mobil ini. Ban yang digunakan adalah ban Michelin dengan tipe khusus yaitu Pilot Sport Cup 2R TR dan satu set-nya dibanderol $45 ribu US atau sebesar Rp643 juta untuk kurs rupiah saat ini. 

Belum cukup sampai di situ, ban ini juga harus diganti setiap kali mobil mencapai 4.000 km untuk alasan keamanan dan performa maksimal yang bisa didapat dari Chiron Pur Sport ini. Jadi bisa dibayangkan jika Anda punya mobil ini dan harus melakukan servis pertama bersamaan dengan penggantian ban satu set-nya. Minimal kocek yang harus Anda keluarkan tak kurang dari Rp1 miliar.

Sebuah angka yang sangat fantastis pastinya. Lantaran dengan biaya servis dan ganti ban seperti itu, Anda bisa membeli All New Toyota Avanza sebanyak 4 unit. So, kalau cuma sultan gadungan, jangan coba-coba beli mobil ini. Lagi pula jatah 60 unit mobil ini untuk seluruh dunia, mungkin sudah ludes terjual.


(uda)