Mengintip Desain XSR 155 Ala 'Papa dan Mama' Semarang

Desain custom Yamaha XSR 155 besutan Pap N Mam Semarang berkonsep Modern Flat Track (Foto: Pap N Mam Semarang)
Desain custom Yamaha XSR 155 besutan Pap N Mam Semarang berkonsep Modern Flat Track (Foto: Pap N Mam Semarang)

Autogear.id - Salah satu builder Yard Built asal Semarang, Jawa Tengah menggarap sebuah desain custom Yamaha XSR 155. Seperti apa modifikasinya?

Builder yang cukup punya nama di Tanah Air, Hendra Cahyono dengan rumah modifikasinya Papa N Mama, ‘Pap N Mam Modified’ membuat sebuah konsep modifikasi ubahan motor yang akan mereka garap dan aplikasikan kepada Yamaha XSR 155. 

Merancang konsep ‘Modern Flat Track’, Hendra menyebutkan kalau ia ingin mewujudkan impiannya. Yakni merancang bangun sebuah motor custom yang sesuai dengan keinginanannya sendiri, bukan atas dasar permintaan pelanggannya. 

“Dalam program Yard Built ini, saya mengusung konsep modifikasi Modern Flat Track. Melalui kreasi ini, saya senang bisa menuangkan ide dan inovasi saya secara utuh”, jelas Hendra melalui keterangannya, Kamis (30/12/2021). 

Menurutnya, pada desain motor yang akan diwujudkan pada tunggangan Yamaha XSR 155 ini, dari semua ide dan gagasan tentang mengembangkannya sesuai keinginannya. “Jadi, ibarat kata, ini motor gue banget!” seru Hendra penuh semangat.

embed

Berbekal motor Yamaha XSR 155 yang memang sudah memiliki basis enak untuk dioprek sana-sini, Hendra pun memfokuskan rencana rancang bangunnya dengan bermain di sektor kaki-kaki. 

Secara sekilas, melihat hasil desainnya, yang tampak cukup mencolok dari hasil karyanya adalah dimensi baru dari XSR 155. 

BACA JUGA: Nitro 155, Yamaha XSR Jadi-jadian Berkonsep Futuristic Supermoto

Agar tampilan motor Modern Flat Track nya tidak terkesan bantet atau pendek, maka kru Pap N Mam akan menambahkan atau menyambung pada wheelbase XSR 155, mundur hingga sekitar 10 cm (extended swingarm). Dengan demikian, dimensi dari XSR 155 ini nantinya akan kelihatan lebih panjang.

Begitupun dari sisi performa body, supaya kelihatan makin cowok banget, Hendra menyematkan berbagai pernak-pernik pada motor XSR 155 ubahannya. 

Salah satunya dari lini tampilan lampu depan dan belakang, Hendra kedepankan konsep Headlamp Pop up Style. Yakni sebuah konsep dimana lampu tersebut bisa membuka dan menutup secara otomatis.

Tak kelar sampai di situ, Pap N Mam menyematkan header knalpot dengan bahan titanium yang diimbuhi fitur exhaust valvetronic dan silincer aluminium custom. 

Oh iya, supaya tampilan tetap macho kendati motor lagi diparkir, Hendra sematkan standar samping yang dibekali fitur ESS (Electronic Side Stand). 

“Pada hasil karya saya ini, fitur keselamatan tetap harus diperhatikan. Makanya saya menyematkan fitur ESS pada standar samping, supaya tetap aman dan nyaman. Sekaligus menopang penampilan”, ungkapnya.


(acf)