Serba-Serbi Formula 1

Eks Bos Ferrari jadi Kandidat Presiden Baru FIA

Luca di Montezemolo jadi kandidat kuat Presiden FIA gantikan Jean Todt. planet f1
Luca di Montezemolo jadi kandidat kuat Presiden FIA gantikan Jean Todt. planet f1

Autogear.id: Mantan Presiden Ferrari, Luca di Montezemolo dikabarkan menjadi kandidat kuat calon Presiden FIA menggantikan Jean Todt. 

Todt sendiri masih akan menjadi orang nomor satu di induk organisasi motorsport dunia tersebut hingga akhir 2021. 

Selain Luca, beberapa nama yang dikaitkan bakal menjadi sukesor Todt antara lain Ketua Motorsport Inggris, David Richards, lalu ada bos Formula E Aljandro Agag, serta wakil Presiden FIA saat ini Mohammed bin Sulayem. 

Namun begitu, Luca di Montezemolo menjadi sosok yang dinilai lebih kuat karena memiliki sepak terjang di Formula 1 yang dikenal sebagai strata tertinggi balapan roda empat. 

Dilansir dari Planet F1, hal lain membuat Luca di Montezemolo punya peluang besar menduduki kursi nomor satu di FIA karena ia mendapat dukungan dari Bernie Ecclestone yang juga memiliki pengaruh besar di FIA. 

Montezemolo menjabat sebagai Presiden Ferrari sejak tahun 1991. Di bawah kepemimpinannya, Ferrari mencatat sukses besar di F1 dengan gelar juara dunia beruntun dari tahun 2000-2004 dan musim 2007. Ia juga sukses membawa kembali gelar konstruktor ke Maranello pada musim 1999. 

Di Montezemolo mengundurkan diri dari perannya sebagai presiden Ferrari pada 2014 dan posisinya digantikan oleh Sergio Marchionne.


(uda)