Autogear.id: Pada era 1970-an, industri otomotif mulai dihadapkan pada tantangan baru untuk memenuhi tuntutan regulasi gas buang dan efisiensi bensin. 

Dalam konteks inilah produsen otomotif Jepang, Nissan menghadirkan tren mesin turbo. Tepatnya pada tahun 1979, Nissan meluncurkan Cedric/Gloria model 430, sebuah sedan mewah pertama di Jepang yang dilengkapi mesin turbo.

Hal yang ini unik dari mesin turbo adalah mampu menghasilkan tenaga besar dengan ukurannya yang kecil, tetapi mesin tersebut juga merupakan teknologi hemat bahan bakar, sehingga Nissan berhasil mendapatkan sertifikasi pemerintah di bawah regulasi yang ketat pada masa itu.

Mesin turbo L20ET 2,0-liter pertama kali disematkan pada Nissan Cedric dan Nissan Gloria pada bulan Desember 1979, sebagai yang pertama di pasar Jepang. Inovasi-inovasi perdana ini membuat Cedric/Gloria seri 430 dinobatkan sebagai Car of The Year di Jepang pada tahun 1979. 

Mesin turbo sendiri merupakan salah satu dari pencapaian hebat Nissan dalam sejarah otomotif Jepang. Beragam inovasi di masa lalu juga saat ini juga menjadi semangan Nissan untuk menghadirkan teknologi yang jauh lebih canggih untuk masa depan.


(uda)