Ekspor Kendaraan

Daihatsu Masih Optimalkan Patimban Buat Berlayar ke Negara Lain

Daihatsu maksimalkan ekspor dari Pelabuhan Patmbang di Cirebon. ADM
Daihatsu maksimalkan ekspor dari Pelabuhan Patmbang di Cirebon. ADM

Autogear.id - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) masih melakukan kegiatan ekspor otomotif, dalam mendukung peningkatan devisa negara, dengan mengoptimalkan utilisasi Terminal Kendaraan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat.

Terekam dalam agenda kunjungan kerja yang dihadiri langsung Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi; Sekretaris Kabinet Pramono Anung; Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kanasugi Kenji; dan Bupati Subang Ruhimat, Selasa (8/2/2022) di pelabuhan Patimban.

"Sebelumnya direncanakan tahun ini bisa ekspor dari sini kurang lebih 160 ribu. Melihat progress tiga bulan ini, kelihatannya bisa naik menjadi 180 ribu mobil untuk ekspor ke Filipina, Brunei Darussalam, Jepang dan juga Vietnam ini saya kira awal”, kata Jokowi melalui siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Lanjut Jokowi, nantinya akan dikembangkan ke negara-negara yang lain. Sehingga satu bulan kurang lebih dari Patimban akan bisa diekspor 15 ribu mobil (per-bulan). “Dan ini akan sangat bagus," ujarnya.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada Januari 2022, ekspor kendaraan roda empat CBU (Completely Built Up) produksi ADM, berkontribusi sekitar 49 persen dari total ekspor nasional kendaraan roda empat CBU, yang mencapai sekitar 24 ribu unit.

Sebagaimana diketahui, produk ADM sudah diekspor hingga menembus 75 negara di dunia. Mulai dari ASEAN, Asia Selatan, Asia Timur, Timur Tengah, Afrika, hingga Amerika Latin. Membuat ADM mengklaim kalau hasil produksi mereka terbukti telah memiliki standar kualitas global, dan mendapat kepercayaan pelanggan mancanegara.

“ADM turut berpartisipasi dalam usaha kegiatan ekspor kendaraan, melalui pelabuhan Patimban, salah satunya untuk mendukung peningkatan industri otomotif nasional, sekaligus pendapatan devisa negara,” ujar Export Import Div. Head PT ADM, Johan.

Daihatsu sendiri, sebagai bagian dari Toyota Group, sejauh ini telah turut mengekspor kendaraan selain untuk merek Daihatsu. Dalam hal ini, ADM juga telah memproduksi dan mengekspor untuk merek Toyota. Seperti Rush, Avanza, Wigo, Raize, dan Town/Lite Ace. Serta merek Mazda dengan model Bongo.


(uda)