EVITS TS-1, Motor Listrik Karya ITS yang Sudah Terjual 250 Unit

Kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, membuat motor listrik EVITS TS-1 yang dikabarkan sudah laku 250 unit - IG ITS
Kampus ITS Surabaya, Jawa Timur, membuat motor listrik EVITS TS-1 yang dikabarkan sudah laku 250 unit - IG ITS

Autogear.id - Institusi pendidikan semakin riuh dalam turut memperkenalkan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Kali ini giliran Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), yang merilis secara soft launching motor listrik EVITS (Electric Vehicle ITS) TS-1, di Graha Sepuluh Nopember ITS, Senin (22/1/2024).

Rektor ITS, Prof Mochamad Ashari dalam keterangannya di media nasional menyampaikan bahwasanya EVITS TS-1 sudah siap bersaing di pasar otomotif nasional. Produk elektrifikasi ini merupakan motor listrik yang didesain ergonomis. Kemampuan akselerasi dari produk hasil kolaborasi ITS lewat PT ITS Tekno Sains, dengan PT Panggung Electric Citrabuana, cukup mumpuni.

Lebih lanjut Ashari menjelaskan, motor listrik ini dapat menempuh jarak hingga 110 kilometer, dengan kecepatan maksimal 55 kilometer per jam. Melengkapi data tersebut, Guru Besar Teknik Elektro ITS itu juga mengatakan, bahwasanya motor listrik ini dilengkapi dengan dua baterai lithium berkapasitas 60 Volt 26 Ah.

"Kalau bicara akselerasinya sendiri, EVITS TS-1 butuh waktu tujuh sampai delapan detik, agar bisa mencapai akselerasi. Sehingga penggunanya bisa menempuh jarak 55 kilometer," paparnya dalam laman ITS, Selasa (23/1/2024).

Tampilan Beda dan Lebih Canggih

Melengkapi apa yang disampaikan Ashari, Direktur PT ITS Tekno Sains Dr I Ketut Gunarta menerangkan bahwa EVITS TS-1 telah mengalami perkembangan dari berbagai lini. Setelah mengalami sejumlah riset dan pengembangan.

Dijelaskannya, sebagai kelanjutan inovasi dari GESITS, motor listrik generasi pertama ITS, sistem integrasi yang merupakan otak dari motor listrik EVITS TS-1 juga lebih kekinian. "Integrasi dari controller ke motor listrik, serta sistem manajemen baterainya jauh lebih baik," klaim Gunarta.

Kalau melirik tampilannya, EVITS TS-1 juga kelihatan lebih gagah dan sporty. Mengusung desain body yang lebih menarik, Gunarta mengakui EVITS tipe pertama ini terdiri dari kualitas material yang lebih kokoh. Kendaraan listrik ini juga menggunakan ban langsung, tanpa memakai belt. Sehingga tidak menghasilkan suara sedikit bising, saat dikendarai. "Terbukti saat uji kendara, EVITS TS-1 ini nyaman sekali ketika dikendarai," tuturnya.

TKDN Sekitar 60 Persen

Sewaktu disinggung soal komitmen penggunaan elemen lokal dalam produksinya, Gunarta mengklaim Total Komponen Dalam Negeri (TKDN) EVITS TS-1 sudah diperhitungkan, yaitu mencapai sekitar 60 persen.

Lewat capaian tersebut, dia katakan kalau ITS telah berusaha semaksimal mungkin mendukung perkembangan teknologi dan inovasi dalam negeri. Bahkan menariknya lagi, pihak kampus menyampaikan, kalau pada tahap awal model ini telah diproduksi sejumlah 1.000 unit. "Sebanyak 250 unit sudah sold out," tukasnya.

Ke depannya, model ini akan terus dikembangkan lewat penyematan aneka fitur. Dia pun sedikit kasih bocoran, kalau produk ini juga bakal dibuat versi roda tiga, roda empat, bahkan minibus. "Harapannya bisa menjadi produk unggulan ITS, yang dampaknya dirasakan semua lapisan," pungkas Gunarta.


(uda)