Pameran Otomotif

Pameran 24 Merek Kendaraan Sukses Rengkuh 34 Ribuan Pengunjung

Pelaksanaan pameran otomotif GIIAS di Surabaya, terlaksana dengan baik. SE
Pelaksanaan pameran otomotif GIIAS di Surabaya, terlaksana dengan baik. SE

Autogear.id – Edukasi tentang perkembangan industri kendaraan bermotor, dan mendorong capaiannya di wilayah timur Pulau Jawa semakin masif. Begitupula edukasi terkait elektrifikasi kendaraan. Salah satunya melalui pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2023 yang telah sukses terselenggara. 

Dengan total 24 merek kendaraan bermotor, dimana tahun ini  adalah catatan peserta terbanyak GIIAS Surabaya. “GAIKINDO berkomitmen lebih banyak memberikan informasi dan edukasi mengenai teknologi industri otomotif. Khususnya kendaraan berbasis listrik. Lewat penyelenggaraan pameran, terutama pada GIIAS Surabaya,” tutur Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.
 
Pernyataan senada juga disampaikan Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, Taufiek Bawazier. “Pameran ini merupakan bagian untuk memberikan suatu edukasi, kalau Indonesia juga sudah siap untuk masuk ke era elektrifikasi,” ujarnya.

Tahun ini GIIAS Surabaya menghadirkan jumlah merek kendaraan bermotor terbanyak, terdiri dari 16 merek kendaraan penumpang yaitu Audi, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mitsubishi Motors, Nissan, Seres, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Wuling. 

Baca Juga:
Motor Listrik Yadea Kebagian Subsidi Rp 7 Juta dari Pemerintah

Kemudian 8 merek kendaraan roda dua yakni Gova, Piaggio, Vespa, Aprilia, Moto Guzzi, Polytron, Royal Enfield dan United E-Motor. Serta berbagai merek industri pendukung otomotif yang turut unjuk gigi dalam gelaran tersebut.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo, Rizwan Alamsjah mengungkapkan tingginya antusiasme masyarakat Jawa Timur terhadap gelaran GIIAS Surabaya. “Terbukti meningkatnya jumlah pengunjung yang hadir sepanjang pameran, yakni total 34.771 pengunjung,” ulasnya. Lanjut Rizwan, jumlah mereka yang melakukan test drive juga melonjak. Mencatat total 2.000 trip mobil, serta 300 trip motor di sepanjang pameran.

Keberhasilan penyelenggaraan pameran tak lepas dari sejumlah dukungan. Seperti Astra Financial, bersama unit bisnisnya mulai dari FIFGroup, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, MauCash, Moxa, dan Seva. Selain juga dukungan dari JKind, Super Challenge dan Kahf.

Selanjutnya serial pameran ini akan kembali menyapa para pecinta otomotif di kota-kota strategis lainnya. Berbagai merek kendaraan penumpang dan industri pendukung akan hadir pada ajang GIIAS, Semarang, Jawa Tengah (18 - 22/10/2023). Ditutup dengan pelaksanaan GIIAS di Kota Bandung, Jawa Barat (22 - 26/11/2023).


(uda)