Mobil Baru

Toyota Rilis Yaris Cross, SUV Full Hybrid Pertama di Segmen B

Toyota bikin Yaris Cross versi full hybrid, tampangnya mirip SUV 5 penumpang yang pernah dirilis di Indonesia. TAM
Toyota bikin Yaris Cross versi full hybrid, tampangnya mirip SUV 5 penumpang yang pernah dirilis di Indonesia. TAM

Autogear.id – Toyota Yaris Cross terbaru hadir sebagai kendaraan elektrifikasi pertama, di segmen yang kini cukup luas peminatnya, Medium SUV. Dikatakan President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda, beberapa tahun belakangan, industri otomotif Indonesia memasuki era elektrifikasi. 

Menurutnya, ditandai pula oleh banyaknya kebijakan pemerintah yang mengarah pada penggunaan teknologi elektrifikasi ramah lingkungan, untuk mengurangi emisi karbon. “Toyota menyambut positif langkah ini, dengan menghadirkan produk-produk elektrifikasi mulai dari Hybrid EV, Plug-in Hybrid EV, hingga Battery EV,” kata Ueda.

Sebelumnya kata Ueda, All-New Kijang Innova Zenix Hybrid EV sebagai kendaraan elektrifikasi Toyota pertama yang diproduksi lokal. Sekarang mereka kembali merilis kendaraan listrik full Hybrid pertama di segmen B, yakni Yaris Cross terbaru, untuk melengkapi line-up SUV Toyota di Indonesia. Model terbaru ini mengusung tampilan  berkarakter khas SUV Toyota, dengan kabin kompak yang memaksimalkan volume interior. 

Eksteriornya dari depan, terlihat siluet tajam bersama gril trapezoidal atas dan bawah dengan ukuran berbeda. Desain atap miring ke belakang dipadu spatbor melebar, ekspresikan siluet kokoh dan stabil. Roda diameter besar di sudut fender, tak hanya sempurnakan gaya urban SUV, melainkan juga stabilitas berkendara. Lampu kombinasi belakang LED, sedangkan bumper belakang bergaya SUV modern. Ekspresi percaya diri dan ketangguhan sebuah adventure vehicle.

Baca Juga:
Balapan Penuh Drama, Vinales dan Pecco Adu Jotos di MotoGP Prancis

 
Kabin mobil ini dilengkapi panel soft dashboard lebar, selaras door trim yang membawa kesan lapang. Semakin diperkuat oleh Panoramic Glass Roof with Power Sunshade. Layaknya SUV, posisi berkendara diklaim tertinggi di kelasnya kejar visibilitas luas ke berbagai arah. Kokpit driver-oriented, fokus pada panel instrumen TFT digital 7 inci yang bisa dikostumisasi. Dipadu black piano finish  dan ornamen lapis satin. 

Khusus jahitan jok, diberi sulaman benang biru manjakan mata. Opsi jok berbahan fabric dan kulit sintesis, sanggup mereduksi panas pada permukaannya. Ditambah lagi oleh kehadiran Electric Seat Adjuster pada jok pengemudi, juga sebagai yang pertama di kelasnya. Produk tersebut dilengkapi pilihan hybrid engine yang didampingi opsi gasoline engine. Keduanya sama-sama berkapasitas 1.500cc 4 silinder. 

Dapur pacu hybrid sanggup hasilkan tenaga 82 kW, dilengkapi EV Mode dan transmisi CVT yang bersinergi dengan motor listrik. Dikatakan pihak Toyota, motor listrik itu untuk menggerakkan as roda depan dalam kolaborasi yang mereka klaim paling efisien tanpa perlu mengorbankan performa. Sementara model Gasoline dengan engine 1.500cc 4 silinder Dual VVT-i bertenaga 78 kW dan torsi 138 Nm. Tersedia pilihan transmisi manual 5-speed dan CVT dengan performa responsif hemat bahan bakar.

Roda empat ini punya 5-seater, limpahan ruang simpan barang, dan bagasi terbesar di kelasnya. Power Back Door dengan Kick Sensor pertama di kelasnya, permudah akses pengguna terhadap barang bawaan. Mandatori pada semua produk baru, varian Toyota ini juga telah memiliki Electric Parking Brake (EPB) dengan Auto Brake Hold. 

Baca Juga:
Dua Hari Betot Podium di AP250 ARRC Malaysia, AHRT Kian Pede

Lalu adanya 6-airbags, rem ABS+EBD+BA, Parking Sensor, serta fitur Emergency Stop Signal dan Hill Start Assist (HSA) untuk kemudahan di jalan menanjak. Diperkuat pula oleh Vehicle Stability Control (VSC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), dan Blind Spot Monitor (BSM). Fitur Panoramic View Monitor ikut hadir berikan visibilitas menyeluruh. Teknologi Toyota Safety Sense (TSS) serta advanced convenient features T-Intouch ikut melengkapi, bantu optimalkan keamanan serta konektivitas pelanggan.


(uda)