MotoGP Prancis 2023

Balapan Penuh Drama, Vinales dan Pecco Adu Jotos di MotoGP Prancis

Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia sempat adu jotos usai terjatuh karena senggolan di pertengahan balapan. GGS
Maverick Vinales dan Francesco Bagnaia sempat adu jotos usai terjatuh karena senggolan di pertengahan balapan. GGS

Autogear.id - Prediksi serunya balapan MotoGP di Prancis yang berlangsung pada MInggu (14/5/2023) memang benar terjadi. Tapi kali ini kejadiannya malah lebih dramatis. Banyak insiden yang terjadi, bahkan sang pemimpin klasemen MotoGP 2023 yaitu Francesco Bagnaia yang terjatuh karena bersenggolan dengan Maverick Vinales, sempat adu jotos di usai terjatuh di gravel.

Alhasil ini menjadi tontonan seru, lantaran keduanya sama-sama ngotot tidak melakukan kesalahan. Namun insiden adu jotos ini akhirnya bisa dilerai oleh marshall dan Vinales terlihat meminta maaf kepada Pecco sesampainya mereka di laman paddock masing-masing. Pertarungan pun dimenangi oleh Marco Bezzecchi yang tampil konsisten meraih waktu tercepat di setiap lap.

Kemenangan Bezzecchi ini pun tak terlepas dari drama di lintasan pada awal-awal Ia melakukan penetrasi ke depan. Ia nyaris terlibat kecelakaan dengan rekan setimnya Luca Marini yang sempat kehilangan traksi roda depan di tikungan ketiga. Namun Ia cukup beruntung dan melewati rekan setimnya itu dengan baik. Pembalap yang justru nahas adalah Alex Marquez karena tak bisa menghindari kecelakaan dengan Marini.

Drama yang dirasakan oleh Bezzecchi pun tak berhenti sampai di situ, Ia juga terlibat aksi menyusul dengan Marc Marquez yang mengakibatkan Ia harus menjalani penalti turun 1 posisi. Namun ini tak berarti banyak. Lantaran performanya yang sempurna malah membawanya sebagai pemenang balapan ke-1000 kali di MotoGP.

Baca Juga:
Hankook Rilis Ban SUV Premium untuk Segala Musim

"Saya merasa sangat beruntung karena mampu melewati semua kejadian yang ada. Bahkan ketika Marini terjatuh, Saya beruntung berada di posisi yang benar. Sehingga lolos dan bisa mengejar pembalap yang berada di urutan terdepan," papar Bezzecchi.

Pembalap yang finish di urutan kedua dan ketiga justru di luar prediksi, yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco. Keduanya juga terbilang beruntung karena sanggup menghindari beberapa insiden yang terjadi di awal hingga menjelang akhir balapan. "Senang rasanya bisa kembali merasakan podium di laga kandang sendiri. Sayangnya balapan berakhir dan kami harus puas berada di podium saja," ujar Zarco saat berada di Parc Ferme.

Kemenangan Bezzecchi ini kembali membawanya ke pertarungan titel juara dunia yang lebih ketat dengan rekan se-academynya itu. Ia pun berharap bisa menjaga konsistensi seperti ini, lantaran menjaga konsistensi di MotoGP itu bukan hal gampang. Hal yang cukup ironi adalah, meski jagoan tim Ducati Corse tak finis, namun mereka sangat riang lantaran tiga pemenang MtooGP Prancis diisi motor Ducati semua.

Hasil MotoGP Prancis 2023:
1. Marco Bezzecchi, ITA, VR46 Ducati
2. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati
3. Johann Zarco, PRA, Pramac Ducati


(uda)