Pameran Otomotif GIIAS 2022

Menunggu New Baleno Versi Hybrid? Sabar, Suzuki Masih Fokus di Mesin ICE

Nungguin New Baleno versi hybrid? Harap bersabar, Suzuki belum alokasikan mesin hybrid untuk hatchback ini. SIS
Nungguin New Baleno versi hybrid? Harap bersabar, Suzuki belum alokasikan mesin hybrid untuk hatchback ini. SIS

Autogear.id - Banyak orang yang bertanya-tanya soal komitmen Suzuki di elektrifikasi otomotif. Meski pabrikan tersebut telah merilis New Suzuki Ertiga Hybrid mesin bensin, namun sepertinya komitmen ini tak bersifat menyeluruh. Seperti yang terlihat di produk terbaru mereka yang ada di pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Mereka meluncurkan versi update dari Baleno dan kendaraan terbaru mereka yaitu S-Presso bermesin ICE.

Bagi sebagian orang, ini terlihat membingungkan. Mengingat New Baleno mempunyai basis mesin yang sama dengan New Ertiga Hybrid. Jika memang komitmen elektrifikasi Suzuki mulai tinggi, New Baleno seharusnya mulai menggendong mesin dengan dukungn sistem hybrid. 

Hal ini langsung dijawab oleh Group Head of 4W Product Development Suzuki Indomobil Sales (SIS), Endang Johari dalam sesi diskusi khusus dengan jurnalis di sela-sela pelaksanaan pameran otomotif GIIAS 2022 pada Selasa (15/8/2022). Menurutnya, untuk New Baleno memang masih tetap menggunakan mesin bakar, tapi ini adalah step-up.

"Sebenarnya tidak mengabaikan elektrifikasi untuk produk New Baleno, meski punya basis mesin yang sama, namun ini menjadi strategi pemasaran produk. Suzuki Indonesia sudah merencanakan New Baleno ini sejak beberapa waktu lalu. Khusus untuk mesin hybrid, ya tentu juga tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang. Tapi sekarang kita fokus di New Baleno bermesin bakar dulu. Toh ini juga mesin baru yang terdapat di Ertiga terbaru," ujar Endang Johari dalam keterangan resminya.

Baca Juga:
Alva One, Antara Gaya Hidup dan Kebutuhan Mobilitas

New Baleno, Banyak Upgrade Menarik
Terakhir diperkenalkan pada tahun 2019, kini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali mengenalkan Baleno terbaru yang mengalami banyak penyegaran baik dari desain eksterior, interior, mesin, hingga fitur dan teknologi yang lebih canggih dan modern. Baleno kini memiliki bentuk yang lebih aerodinamis atau Suzuki menyebutnya sebagai Liquid Flow Design.

“Baleno terbaru ini mengalami banyak sekali perubahan, sehingga tampilannya jauh lebih elegan. Kami juga menyertakan fitur-fitur canggih pada Baleno. Belum lagi, mesinnya sekarang menggunakan K15B jadi semakin irit bahan bakar. Dari sisi keselamatan, hatchback unggulan Suzuki ini dilengkapi 6 titik airbag. Jadi Baleno benar-benar mobil komplit yang memberikan kepuasan, kesenangan, dan kepercayaan diri untuk penggunanya,” ujar Head of 4W Brand Dev. & Marketing Research & IT Network PT. SIS., Harold Donnel di momen yang sama.

Baleno tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan 7 pilihan warna yaitu Prime Luxe Beige, Prime Celestial Blue, Prime Splendid Silver, Prime Opulent Red, Prime Grandeur Grey, Prime Arctic White, dan Pearl Midnight Black. Berikut harga On The Road (OTR) Baleno untuk wilayah Jakarta bulan Agustus 2022:
Baleno-AT    Rp274.900.000
Baleno-MT    Rp262.900.000


(uda)