Pameran Otomotif GJAW 2023

Pameran GJAW 2023 Resmi Dibuka, Kendaraan Baru Kunci Pendorong Ekspor

GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita dan jajaran pengurus GAIKINDO. AG-Alun
GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Menperin, Agus Gumiwang Kartasasmita dan jajaran pengurus GAIKINDO. AG-Alun

Autogear.id – Pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) tahun ini resmi dibuka, Jumat (10/3/2023). Dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang.

Dalam pembukaan GJAW 2023 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi, mengatakan Gaikindo terus membantu momentum positif yang sudah dicapai industri otomotif pada tahun 2022, dengan menggerakkan pasar di awal tahun melalui GJAW.

"Hadirnya model-model kendaraan roda empat dari berbagai merek di GJAW tahun ini, menjadi waktu terbaik bagi masyarakat untuk belanja roda empat," tutur Nangoi saat membuka GJAW 2023.

Nangoi menyampaikan, peluncuran kendaraan baru merupakan kunci untuk mendorong ekspor, sebab semakin banyak variasi mobil yang dilahirkan di Indonesia, membuat angka ekspor berpotensi meningkat. "Hal ini akan memperkuat daya saing industri otomotif Indonesia di pasar internasional. Oleh karena itu, Gaikindo mendorong anggotanya untuk mengembangkan kendaraan baru di Indonesia," ungkap Nangoi.

Baca Juga:
Mudahnya Akses Nonton Kolaborasi Otomotif dan Lifestyle di GJAW 2023

Mobil Hybrid Juga Perlu Insentif
Sedikit mengutip tentang insentif kendaraan listrik yang diberikan oleh pemerintah, pengusaha Yusuf Hamka atau yang akrab disapa Babah Alun di sela-sela pembukaan GJAW 2023 mengatakan, insentif sebaiknya tidak hanya diberikan kepada kendaraan listrik, kendaraan hybrid sebaiknya juga mendapat insentif.

“Iya kalau bisa jangan hanya kendaraan listrik, kendaraan hybrid juga dong. Karena ini kan tahapan dari orang yang dari kendaraan konvensional ke hybrid dulu, belum langsung ke elektrik,” ungkap Yusuf Hamka yang sudah membeli Wuling sebanyak 85 unit, BZ4X ambil 8 unit dan berencana akan membeli 10 unit lagi, serta sudah memesan RZ BEV sebanyak 4 unit.

Pada pameran GJAW 2023 yang akan berjalan selama 10 hari ke depan, di dalamnya menghadirkan inovasi tak kurang dari 28 mobil. Termasuk di dalamnya adalah kendaraan penumpang, premium dan komersial, serta peluncuran beberapa mobil model baru.


(uda)