Modifikasi Motor

Tampilan Pertamax ADV150 Milik Sang Juragan SPBU

Honda ADV150 ini kian siap untuk adventure-an, Minority Custom Motorcycle penuhi keinginan sang empunya. MCM
Honda ADV150 ini kian siap untuk adventure-an, Minority Custom Motorcycle penuhi keinginan sang empunya. MCM

Autogear.id – Honda ADV150 dikatakan pabrikan berlogo sayap tunggal sebagai motor semi petualangan yang juga cocok untuk dibesut di perkotaan. Umumnya motor, ada yang laik untuk dimodifikasi, ada juga yang kurang sesuai. Nah, cukup beruntungnya, ADV150 termasuk motor yang pantas-pantas saja untuk dimodifikasi.
 
Contohnya Honda ADV150 asal Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) ini. Tunggangan milik Pak Kaji Khoiron, juragan alias pemilik salah satu SPBU besar di Pasuruan. Walaupun basisnya, Kaji Khoiron adalah salah satu kolektor motor bebek tua. Namun kali ini dia kesemsem juga dengan Honda ADV150.
 
Motor tersebut yang ingin digunakan untuk touring oleh Kaji Khoiron, tapi dengan tampilan lebih stylish dan modis. Alhasil, dia yang merupakan langganan bengkel modifikasi Minority Custom Motorcycle (MCM) Surabaya, Jatim langsung memboyong ADV150 nya tersebut.
 
Jadi pada modifikasi kelima yang digarap kru MCM kali ini, bukanlah motor bebek lawas Kaji Khoiron yang dioprek supaya tampil lebih keren, melainkan ADV150. "Kalau ditanya konsep modifikasi yang diusung untuk ADV150 ini, ya modifikasi ringan aja, supaya motor terlihat lebih keren," kata bos MCM, Jonathan Evan.

Baca Juga:
Edukasi Kendaraan Listrik, Wuling Air EV Rambah Kota Pahlawan

 
Lanjut Mas Jon, panggilan gaul Jonathan Evan, modifikasi diawali dengan mengubah kaki-kaki. Semula memakai velg palang diubah menjadi jari-jari supaya lebih kuat. "Teromol kita custom dari velg palang ori, dipangkas dan bubut agar lebih kuat daripada beli teromol variasi," ulasnya. Diakui Jon, ubahan ini yang paling sulit digarap.
 
Tidak mau beli teromol Trusty, dengan alasan biasanya gampang pecah. Jadi lebih memilih untuk meng-custom dari velg palang, dipotong jadi teromol. Namun pengerjaan memang harus presisi. Setelah itu Jon tambahkan aksesoris pada motor, yang diupayakan se-simpel mungkin dan elegan agar tidak tampak kedodoran.
 
Lantaran motor buat dipakai touring jarak jauh, maka ditambahkan box GIVI dengan bracket atau dudukan custom. Dibuat dari plat tebal supaya aman dan nyaman. Finishing-nya, stripping ori pada bodi diganti yang lebih sporty. Dipermanis oleh penambahan unsur karbon.

"Selama ini biasa garap motor custom dengan komponen sebagian besar dari besi. Kali ini garap ADV150 yang sebagian besar bodi berbahan plastik. Sehingga harus ekstra hati-hati saat membukanya, supaya tidak pecah. Ritme kerja juga lebih slow," pungkas Jon.


(uda)