Fitur Mobil Baru

Katanya Ikut Suara Konsumen, Kok Sigra Baru Belum Ada Fitur Ini?

Daihatsu diklaim tak mendengar masukan konsumen dan memilih tak menyematkan fitur ini? Begini jawaban Daihatsu. ADM
Daihatsu diklaim tak mendengar masukan konsumen dan memilih tak menyematkan fitur ini? Begini jawaban Daihatsu. ADM

Autogear.id – Tercatat, Astra Daihatsu Motor (ADM) memperkenalkan Sigra sebagai LCGC MPV berkapasitas 7 penumpang mulai dari tahun 2016. Sejak diperkenalkan, penjualan Sigra berkontribusi sebesar 257 ribu unit hingga Mei 2022.

Tingginya permintaan Sigra di masyarakat, mendorong pabrikan mobil asal Jepang ini kembali menyegarkan tampilannya. Sehingga beberapa waktu lalu Daihatsu merilis Sigra terbaru. Bertempat di Main Atrium Summarecon Mall, Bekasi, Jawa Barat.

Marketing Product 2 Department Head PT ADM Hari Wicaksono mengatakan, Daihatsu dengan semangat ‘Sahabatku’ memiliki tiga konsep yaitu Sahabat Muda, Sahabat Keluarga dan Sahabat Bisnis. “Sigra masuk kategori sebagai Sahabat Keluarga. Diproduksi di Indonesia, dan untuk Indonesia. Tak kurang 80 insinyur Daihatsu Indonesia ikut terlibat dalam pembuatannya,” ucapnya.

Dikatakannya, Sigra yang ditargetkan terjual minimal 3500 unit perbulan ini dihadirkan atas pertimbangan mendengar suara dari konsumen Tanah Air, berdasarkan riset dan pengembangan yang dilakukan selama ini. Karena Indonesia merupakan pasar sangat penting bagi Daihatsu.

Baca Juga:
Impian Mobil Listrik Murah Meleset, Harga Wuling AirEV Mulai Rp250 Juta

Lanjut Hari, sejumlah penyegaran yang disematkan pada produk terbaru ini antara lain; dari sisi eksterior diperkuat sentuhan kombinasi grill, serta smoked LED berwarna gelap. Ditambah dengan kaca spion samping berwarna hitam sesuai tren kekinian. Model MPV ini memiliki desain velg baru berdiameter 14 inci, diimbuhi shark fin Antenna pada bagian atapnya.

Mengintip penyegaran di ranah interior, suasana kabin Sigra memiliki nuansa sporty dengan sentuhan warna gelap pada area dashboard, headlining, sunvisor, assist grip, rear air circulator, dan frame lampu interior. Selain itu, perubahan juga terdapat pada area tempat duduk dengan warna gelap yang menawarkan kemudahan dalam perawatan kebersihan.

Namun dari sejumlah penyegaran yang ada, terdapat satu fitur penting yang dirasakan sangat dibutuhkan konsumen tetapi belum tersedia juga di Sigra terbaru. Yaitu fitur Double Blower, yang digadang-gadang menjadi piranti yang dituntut kehadirannya. Mengingat suhu udara di Indonesia rata-rata relatif panas, khususnya di kota-kota besar seperti Bekasi dan Jakarta.

“Mengapa Sigra terbaru belum ada double blower? Justru kami mendengarkan suara dari konsumen. Berdasarkan survei, riset dan pengembangan yang kami lakukan, mayoritas konsumen beralasan membeli Sigra karena harga. Lalu konsumen mempertimbangkan konsumsi bahan bakar, barulah fitur interior dan eksterior,” tutur Hari.

Baca Juga:
Komunitas PasBro Indonesia Seru-Seruan di Touring Wisata

Kembali Hari beralasan, sebagai mobil di segmen LCGC, ketika Daihatsu menyajikan Sigra maka harus benar-benar mempertimbangkan suara konsumen. Filosofi ada uang ada barang bermain di sini. Mengingat pula, faktor utama kendaraan di segmen LCGC adalah harganya yang terjangkau.

Tersedia dalam 10 varian Sigra, dimana 6 varian standar dan 4 varian aksesoris. Serta 7 pilihan warna dengan 1 warna terbaru, Scarlett Red Metallic. Pelanggan dapat memiliki mobil ini dengan harga mulai dari Rp 129,5 juta - Rp 174,7 juta on the road DKI Jakarta.


(uda)