Mobil Baru

Usai 30 Tahun Perkenalan Boxster, Porsche 718 Spyder RS Pun Lahir

Pertama kali mobil di jajaran Porsche pakai mesin revving tinggi alami dan konstruksi sangat ringan, boxer enam silinder berdaya 368 kW (500 PS) dari 911 GT3, digunakan pada mobil sport mid-engined. PI
Pertama kali mobil di jajaran Porsche pakai mesin revving tinggi alami dan konstruksi sangat ringan, boxer enam silinder berdaya 368 kW (500 PS) dari 911 GT3, digunakan pada mobil sport mid-engined. PI

Autogear.id - Tiga puluh tahun usai perkenalan konsep Boxster, Porsche meluncurkan Porsche 718 Spyder RS terbaru. Dikatakan sebagai pendamping dari 718 Cayman GT4 RS dengan atap terbuka. “718 Spyder RS meningkatkan kepuasan dalam mengemudi pada mobil terbuka ke level baru,” kata Head of GT Cars, Andreas Preuninger. 

Untuk pertama kalinya pula, mesin revving tinggi alami dan konstruksi sangat ringan, boxer enam silinder berdaya 368 kW (500 PS) dari 911 GT3, digunakan pada mobil sport mid-engined. Menurut Andreas, kombinasi mesin GT3 sulit tertandingi, transmisi dengan rasio pendek, dimensi kompak, bobot rendah, dan suspensi balap yang dioptimalkan untuk jalan raya.

Powertrain pada varian terbaru ini identik dengan 718 Cayman GT4 RS Coupe. Volume silinder 4,0 liter nya berputar hingga 9.000 rpm dan torsi maksimum 450 Newton meter. Dipadu transmisi dual clutch Porsche (PDK) 7-percepatan berasio pendek, mesin enam silindernya sanggup melesatkan roadster dua tempat duduk ini dari 0-100 km/jam hanya 3,4 detik. Mencapai kecepatan 200 km/jam hanya dalam waktu 10,9 detik. 

Paddle shift memungkinkan pengemudi tetap menggenggam kemudi, bahkan saat beralih gigi secara manual. Sebagai alternatif, pengemudi dapat menggunakan selector lever ergonomis pada konsol tengah. Dibandingkan 718 Spyder tanpa embel-embel “RS” di belakangnya, mobil baru ini tak hanya mendapat keuntungan dari tambahan 59 kW (80 PS).

Baca Juga:
Brio Terbaru Hadir Lebih Segar, Tapi Kok Belum Ada Honda Sensing?

Melainkan juga mempercepat akselerasi hingga 100 km/jam setengah detik lebih cepat.  Adapun kecepatan maksimum sekarang adalah 308 km/jam. Bobot 1.410 kilogram Spyder RS lebih ringan 40 kg, dibandingkan 718 Spyder dengan PDK tanpa RS. Bahkan 5 kilogram lebih ringan dari Cayman GT4 RS tertutup 718. Berkontribusi pada performa lebih baik. Atap soft-top manual sangat ringan dan sederhana, membuat suara mesinnya sangat membangkitkan sebagai pengalaman lebih memikat. 

Desain sangat kompak terdiri dari dua bagian, sun sail dan weather deflector. Keduanya dapat dilepas penuh, dan dapat disimpan bersama atau secara terpisah di dalam kendaraan. Sun sail sendiri juga dapat digunakan sebagai “Bimini Top”, melindungi pengemudi dan penumpang depan dari sinar matahari intens. Dalam hal ini, kompartemen penumpang tetap terbuka ke samping dan belakang penumpang. 

Bersamaan dengan weather deflector, ini menciptakan atap lengkap yang memberikan perlindungan efektif terhadap hujan ketika jendela samping dinaikkan. Seluruh atap, termasuk bagian mekanik, hanya berat 18,3 kg. Itu 7,6 kg lebih ringan dari 718 Spyder dan 16,5 kg lebih ringan dari 718 Boxster. Pengemudi yang ingin mengurangi delapan kilogram lagi dari berat kendaraan dapat meninggalkan soft-top di rumah sepenuhnya, jika cuaca kondusif.

Kesemua efek tersebut ditingkatkan oleh sistem knalpot sport stainless steel ringan, dan saluran masuk udara yang khas di sisi belakang sandaran kepala. Bagian depan dari model ini hampir identik dengan 718 Cayman GT4 RS. Bonnet depan standar terbuat dari CFRP, dilengkapi lubang udara lebar di atas bumper. Sideblade di ujung luar bumper meningkatkan downforce. Bibir spoiler depan sedikit lebih pendek dari pada 718 Cayman GT4 RS. 

Baca Juga:
Viral Bus Masuk Jurang di Kawasan Wisata Guci, Jangan Asal Klaim Rem Blong!

Kombinasi dengan sayap belakang menghasilkan downforce keseluruhan lebih tinggi pada Cayman. Untuk mencapai keseimbangan aerodinamis. Alih-alih sayap, super car ini punya tepian mencolok berbentuk ducktail. Mempertahankan keseimbangan aerodinamis mobil dan stabilitas mengemudi optimum pada kecepatan tinggi. Suspensi sport dilengkapi Porsche Active Suspension Management (PASM) dengan sports tuning, yang diturunkan 30 milimeter. 

Juga dilengkapi Porsche Torque Vectoring (PTV) dengan diferensial mekanik terbatas, bantalan suspensi ball-jointed, dan roda aluminium forged 20 inci. Interiornya fokus pada performa karakter sporty. Kemudi sports RS dengan dukungan grip kuat dilapisi Race-Tex, dan dilengkapi tanda kuning pada posisi jam 12. 

Bucket seats standar dari CFRP ringan, dengan finishing serat karbon. Cover tempat duduk terbuat dari kulit hitam, sedangkan pusat tempat duduk Race-Tex berlubang. Menampilkan warna kontras berlatar belakang hitam. Warna kontras yang tersedia adalah Arctic Grey atau Carmine Red. Logo “Spyder RS” dengan kelir sesuai dijahit di sandaran kepala. Dasbor dan aksen pun ditutupi kulit. 

Tersedia dalam empat pilihan warna polos dan tiga warna metalik. Termasuk Vanadium Grey Metallic yang baru, serta warna spesial Arctic Grey, Shark Blue, dan Ruby Star Neo. Mobil ini dijual mulai dari €155,575, dan akan merayakan debut publiknya bulan Juni. Dalam perayaan 75 tahun Porsche Sports Cars di Stuttgart-Zuffenhausen. 


(uda)