Mobil Baru

All New Vios Meluncur, Harga OTR Mulai dari Rp314,9 Juta

New Toyota Vios hadir dengan ragam penyempurnaan dan lebih pede di pasar otomotif Indonesia. TAM
New Toyota Vios hadir dengan ragam penyempurnaan dan lebih pede di pasar otomotif Indonesia. TAM

Autogear.id – Generasi ke-4 Toyota All New Vios dihadirkan PT Toyota Astra Motor (TAM), yang dikembangkan dengan platform dan sejumlah fitur baru. Termasuk disematkannya Toyota Safety Sense (TSS), perangkat fitur keamanan dari sedan terbaru ini. Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, sebagai mobil sedan yang telah menemani masyarakat Indonesia selama hampir 20 tahun, Vios telah menjadi brand penting bagi Toyota.
 
“Kami bersyukur sedan yang dikenal berkualitas, dengan durabilitas serta reliabilitas tinggi ini mendapatkan penerimaan sangat baik di dunia. Bahkan di Indonesia, Vios menjadi market leader di segmennya. Sejak diperkenalkan pada 2003, Vios bukukan penjualan retail lebih dari 130.000 unit,” urai Jimmi secara virtual, Rabu (12/10/2022)
 
Pertama kali hadir di Indonesia, Vios lahir untuk menggantikan Toyota Soluna yang telah lebih dulu disukai pelanggan. Dalam mengisi pasar sedan sub kompak atau B-segment Class. Seiring waktu berjalan, Vios generasi pertama sukses penuhi harapan pelanggan. Sehingga lanjut generasi kedua pada 2007, dan generasi ketiga pada 2013. Seluruh generasi Vios berhasil memikat masyarakat menengah. Yang butuh solusi mobilitas bergengsi, nyaman, dan fungsional dengan harga bersaing.
 
“Meski pasar sedan Toyota hanya 1 persen, namun para penyuka segmen ini masih ada dan itu harus dipenuhi. Sejauh ini pasar fleet merupakan ceruk potensial, menyasar instansi pemerintahan dan sektor perbankan,” tutur Jimmi.

Baca Juga:
Empat Tahun Vakum, IMOS Hadir dengan Komitmen Tinggi di EV

Hadirkan Platform Baru
Penggunaan platform baru All New Vios memberi kesempatan Toyota meningkatkan unsur kenyamanan. Mengubah dimensi Vios generasi ke-4, menjadi panjang 4.410mm, lebar 1.740mm, dan tinggi 1.480mm serta jarak sumbu roda 2.620mm. Dimensi yang lebih lebar 10mm dan lebih rendah 20mm, serta sumbu roda bertambah 70mm dibanding generasi sebelumnya tetap membuat Vios lincah bermanuver. Bodi lebih lebar ikut menawarkan kabin lebih luas.

Visual sebuah sedan bergaya Keen Look, sporty dan powerful terlihat. Gril trapezoidal ekstra besar mendominasi parasnya, dengan bilah hitam kokoh berkonsep 3D. Di atasnya, terdapat gril tipis melintang, selaras lampu depan L-shape LED. Ditopang lekukan aerodinamis membentuk air dam di sudut bumper depan. Lekukan kokoh terus berlanjut pada kap mesin, dipertegas garis bahu samping nan maskulin.

Pelek alloy 17 inci gaya futuristis menyeruak di samping mobil, posisinya mendekati ujung spatbor. Kehadiran jendela ketiga di belakang pintu samping (6-light window), menegaskan kalau kabin lebih mundur. Fastback Style dengan jendela belakang melandai dekati ujung bagasi, memberi siluet khas sedan premium. Desain buritan didukung sentuhan lampu belakang LED L-shape, aksen difuser, antena shark fin, dan lubang udara mungil di ujung bemper belakang.

Mengintip ruang kabin, dominan interior warna hitam. Desain dasbor baru gunakan bahan soft touch, senada door trim. Pada Vios grade G, penggunaan bahan serupa berlanjut pada panel instrumen, knee pads, serta arm rest di pintu dan konsol tengah. Kokpit pendukung driver-oriented serta posisi duduk pengemudi, tawarkan visibilitas memadai untuk kenyamanan mobilitas harian. Penumpang belakang mendapat ruang duduk lebih lapang, berkat ekstra sumbu roda dan atap fastback style.

Baca Juga:
GIIAS The Series Tahun ini Bakal Sambangi Semarang?

Bodi Vios terbaru lebih rendah, juga memberi pusat gravitasi lebih baik. Tingkatkan kualitas berkendara, tanpa mengurangi kenyamanan penumpang karena ruang kepala tetap memadai. Toyota Vios kini adopsi mesin baru berkode 2NR-VE 1.496cc 4-silinder. Penggunaan teknologi Dual VVT-I, membuat mesin kompak ini sanggup menyemburkan tenaga dan efisien bahan bakar.
 
Jantung new Vios sediakan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm, dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm. Distribusi tenaga ke roda depan disalurkan, lewat opsi transmisi manual 5-speed atau CVT. Hadir dengan lima pilihan warna; Platinum White Pearl, Attitude Black, Metal Stream Metallic, Grey Metallic, dan Red Mica Metallic.
 
All New Vios tipe E Manual dibanderol harga Rp314,9 juta, tipe G CVT dipantek harga Rp355,2 juta, dan G CVT TSS dipasarkan dengan harga Rp368,4 juta. Sedangkan untuk premium colour, ditambah harga Rp1,5 juta. “Sejak hari ini kami mulai buka SPK. Diharapkan juga bulan Oktober 2022 sudah terkirim ke dealer-dealer dan bisa sampai di tangan konsumen,” kata Jimmi yang berharap pula hadirnya Vios ini bisa jadi salah satu solusi hadapi resesi dan kenaikan harga BBM di Indonesia.


(uda)