MotoGP Spanyol 2022

Quartararo Beringas, MotoGP Catalunya Penuh Drama

Fabio Quartararo menangi MotoGP Catalunya yang banyak terjadi drama. FB
Fabio Quartararo menangi MotoGP Catalunya yang banyak terjadi drama. FB

Autogear.id - Harapan dan ambisi Fabio Quartararo di MotoGP 2022 memang masih sangat tinggi. Meski faktanya motor yang Ia tunggangi kalah performa di sisi akselerasi, namun tidak kali ini. Ia tampil sangat beringas dengan performa terbaiknya. Pembalap asal Prancis itu pun lantas keluar sebagai pembalap terbaik dan menjuarai MotoGP Catalunya 2022 dengan sempurna.

Quartararo mengawali balapan dari grid start ketiga dengan start yang cukup bagus. Ini sontak membawanya ke pimpinan lomba dan tak pernah tersentuh sedikit pun dari awal hingga akhir balapan. Bahkan selisih waktunya dari pembalap yang finish di urutan kedua yaitu Jorge Martin, cukup jauh yaitu sekitar 4 detik.

Lantaran jaraknya cukup jauh di depan, Ia pun cukup bingung dengan adanya drama kejadian di belakangnya. Baik itu yang terjadi di awal balapan maupun yang terjadi menjelang balapan berakhir. "Saya senang karena performa motor berjalan dengan baik dan kali ini kami bisa tampil dengan sempurna."

Berbeda dari hasil yang sangat baik yang Ia raih, pembalap yang start di urutan pertama yaitu Aleix Espargaro justru mengalami nasib buruk. Ia tiba-tiba melakukan selebrasi padahal masih tersisa 1 lap lagi. Ia baru sadar ketika di tikungan ketiga semua pembalap masih tetap berada pada kecepatan maksimal dan berada di jalur balap. 

Baca Juga:
Aspal Memanggil! Sumatera Bike Week Bakal Ngegas Akhir Juni Ini!

Meski sempat tersusul oleh Luca Marini, namun Ia sadar bahwa balapan masih berlanjut dan Ia harus puas finish di posisi kelima. Padahal posisinya satu lap sebelumnya berada di urutan kedua. Ia bahkan sanggup tampil lebih baik dari duo pembalap tim Pramac Racing yaitu Jorge Martin dan Johann Zarco yang masing-masing finish di urutan kedua dan ketiga.

"Saya melihat Espargaro mengangkat tangan padahal balapan masih tersisa lap terakhir. Saya berpikir motornya mengalami masalah, namun ternyata Ia melakukan selebrasi. Saya yang berada di urutan keempat melihat itu sebagai kesempatan langka untuk mengambil alih posisi finish di podium," klaim Zarco.

Nasib nahas juga dirasakan oleh Francesco Bagnaia yang mengawali balapan dari grid start kedua. Meski melihat potensi kemenangan di seri ini, namun langkahnya terhenti ketika Takaaki Nakagami membuyarkan harapannya. Pembalap asal Jepang itu kehilangan kendali atas motornya dan menyenggol ban belakang milik Pecco dan Alex Rins. Ketiganya lantas jatuh ke gravel tikungan pertama. 

Hasil MotoGP Catalunya:
1. Fabio Quartararo, FRA, Yamaha MotoGP
2. Jorge Martin, SPA, Pramac Ducati
3. Johann Zarco, FRA, Pramac Ducati


(uda)