Mobil Bekas

Beli Mobil Baru Aja Bergaransi, Kok Berani Beli Mobil Bekas Tanpa Garansi?

Membeli mobil bekas jangan ambil risiko tinggi, wajib banget pakai garansi agar tak menyesal di kemudian hari. OS
Membeli mobil bekas jangan ambil risiko tinggi, wajib banget pakai garansi agar tak menyesal di kemudian hari. OS

Autogear.id - Ketika Anda membeli mobil baru dan dilengkapi dengan garansi, itu jadi sebuah kewajaran lantaran ada saja ketakutan komponen yang bermasalah. Namun ketika Anda membeli mobil bekas, adakah ketakutan yang sama? Padahal justru garansi di pembelian mobil bekas itulah yang lebih penting dari pada saat membeli mobil baru. Mengingat mobil ini sudah mengalami pemakaian dan belum tentu Anda paham sejarah pengguna sebelumnya. 

Hal ini yang kemudian yang berupaya dicakup oleh Otospector dalam mensosialisasikan pentingnya membeli mobil bekas yang punya garansi. Pionir platform layanan inspeksi dan garansi mobil bekas di Indonesia ini pun berkolaborasi dengan Bursa Otomotif Jakarta (BOJ) dan showroom Anugerah Motor Garage (AMG). Mereka berkolaborasi menyiapkan kendaraan bekas yang punya garansi khusus sesuai kebutuhan. 

“Hal mendasar bagi Kami untuk fokus pada industri mobil bekas adalah visi dan misi  membuat jual beli mobil bekas di Indonesia menjadi lebih aman dan nyaman,” buka Founder dan CEO Otospector, Jeffrey Andika saat Media Press Conference di Bursa Otomotif Jakarta, Mangga Dua Square, Jakarta Utara pada hari ini, Senin (17/10/2022).

Jeffrey menambahkan bahwa potensi market mobil bekas masih sangat besar. Indonesia saat ini memiliki segmen ‘aspiring middle class’ atau ‘menuju kelas menengah’ sekitar 44% dari total sekitar 270 juta penduduk di Indonesia. Saat terjadi kenaikan ke kelas menengah, biasanya terjadi transisi moda transportasi dari sepeda motor ke mobil. Dan kebanyakan orang Indonesia memulai kenaikan kelas ini dengan langkah membeli mobil bekas.

Baca Juga:
RK260 Jetbus 3+ MHD Andalan Baru Hino Buat Pengusaha Otobus

 
Melalui kesempatan terbaik ini, Otospector bersama Bursa Otomotif Jakarta dan showroom Anugerah Motor Garage ingin memberikan edukasi konsumen pentingnya memilih mobil bekas bergaransi.“Alasannya karena kita tidak pernah tahu riwayat pemakaian mobil bekas dari pemilik sebelumnya seperti apa. Meski sudah dicek detail sebelum membeli, tetapi banyak komponen internal mesin yang tidak mungkin dibongkar pada saat pengecekan,” tambah Jeffrey kembali.
 
Untuk itulah pentingnya membeli mobil bekas bergaransi. Selain terhindar dari biaya yang tidak terduga, garansi Otospector juga menyediakan layanan Customer Care 24 jam dan gratis inspeksi yang siap membantu mobil yang bergaransi Otospector.

Hal senada juga diutarakan oleh Dicksen selaku Pengelola Bursa Otomotif Jakarta. Menurutnya membeli mobil bekas juga harus perhatikan berbagai hal. Selain memperhatikan jenis dan fungsi dari kendaraan, sebaiknya juga sesuaikan dengan kebutuhan. Bursa Otomotif Jakarta hadir untuk memenuhi kebutuhan pangsa mobil bekas khususnya untuk konsumen di wilayah Jakarta Utara.
 
Tak ketinggalan Andreas selaku Owner showroom Anugerah Motor Garage turut memberikan komentar bahwa line-up mobil bekas yang dihadirkan dipastikan jaminan mobil yang terbaik. “Tidak bekas tabrak, tidak bekas banjir dan kilometer tidak ada rekayasa. Fasilitas yang diberikan seperti garansi transmisi dan beberapa komponen lain hingga 2 tahun garansi dari Otospector,” papar Andreas.

Baca Juga:
Penasaran Dengan Performa Ban Pirelli? Jajal di Performance Center

Apa yang Diberikan Garansi?
Awalnya jangka waktu garansi hanya 1 bulan saja. Namun, melihat permintaan tinggi sehinggagaransi diberikan hingga 1 tahun. Paket garansi tersebut menjamin perbaikan mesin dan transmisi mobil. Makin lama garansinya, makin lengkap komponen yang dijamin. Garansi 1 bulan dengan total klaim Rp 5 juta, sementara garansi jangan waktu 1 tahun, total klaim mencapai Rp 50 juta.
 
Sebagai contoh, untuk paket garansi jangka 1 tahun, Otospector menjamin perbaikan ECU (Electronic Control Unit), salah satu komponen krusial pada mobil yaitu modul kontrol utama yang fungsi nya seperti CPU pada komputer. Khusus untuk garansi 1 tahun, Otospector juga memberikan layanan darurat 24 jam gratis dan tidak terbatas selama masa garansi aktif, mencakup dibawah ini:
1. Ganti Ban Serep - Penggantian ban bocor atau pecah dengan ban cadangan
2. Layanan Derek - Penarikan kendaraan ke bengkel rekanan Otospector terdekat
3. Jumper Aki - Menyalakan mesin dengan bantuan jumper saat mobil tidak bisa hidup
4. Pengantaran Bensin - Penambahan bahan bakar saat kehabisan bahan bakar (gratis 5 liter)


(uda)