Balap Motor

Street Race Seri 4 Digelar Pekan Ini, Kemayoran jadi Tuan Rumah

Street Race akan kembali menjalani seri keempat dan kali ini Kemayoran bakal menjadi tuan rumah penyelenggaranya. PP IMI
Street Race akan kembali menjalani seri keempat dan kali ini Kemayoran bakal menjadi tuan rumah penyelenggaranya. PP IMI

Autogear.id – Mendapat animo sangat tinggi dari peserta dan pengunjung serta sponsor, seri ke-4 Street Race Polda Metro Jaya 2022 siap digelar kembali pada akhir pekan ini. Dijadwalkan kegiatan balap motor yang bertujuan mengurangi aktivitas balap liar di jalan raya tersebut, akan dihelat di Jalan H. Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada 27-28 Agustus 2022. 

Seperti diketahui, sebelumnya kegiatan Street Race Polda Metro Jaya ini sukses digelar di tiga lokasi. Yakni di Ancol, Jakarta Utara, lalu di BSD, Tangerang Selatan, dan di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat. Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman, dipilihnya Kemayoran untuk lokasi selanjutnya, lantaran dinilai cukup memadai untuk menggelar Street Race. 

"Lokasi terus bergiliran, dan kebetulan pada seri kali ini dipilih Kemayoran. Mengingat trek di sana memiliki tipikal dan konstruksi jalan yang cukup, untuk menampung para peserta dan penonton. Supaya lebih nyaman dan kondusif," ujarnya, Senin (22/8/2022).

Kegiatan pun kata Latif Usman akan dilakukan dua hari, dimulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB. Ini dilakukan karena mengakomodir keinginan seluruh peserta. Sementara itu, Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai pihak regulator mengungkapkan, kerja sama dengan Polda Metro Jaya ini terutama memang untuk menfasilitasi pelaku balap liar.

Baca Juga:
Mobil Listrik Kia jadi Sorotan Selain Carens dan Sonet di GIIAS 2022

“Bedanya Street Race diikuti para pebalap liar yang memang sesungguhnya bernaung dalam komunitas balap liar di jalanan,” ucap Pengurus Roda Dua di PP IMI, Eddy Saputra.

Komunitas tersebut siap bekerja sama dengan pihak IMI DKI dan Polda Metro Jaya. “Pak Kapolda Metro Jaya dan tim membantu memfasilitasi tempat,” jelas salah seorang senior di dunia balap motor Indonesia ini. Eddy menambahkan, IMI pun selaku regulator akan terus berupaya serta menjalin kerja sama dengan para stakeholder, terutama Polda Metro Jaya, agar para pecinta balap liar ini bisa beralih ke ajang balap resmi.

“Kami sangat mengapresiasi pihak Polda Metro Jaya yang menfasilitasi kegiatan balap liar ini. Dengan maksud dan tujuan untuk mengurangi balap liar di jalan raya, sehingga menghindari kerugian di pihak lain,” tukasnya. 

Sebagai informasi, seri Street Race Kemayoran ini sama seperti seri-seri sebelumnya merupakan ajang balap trek lurus sepanjang 500 meter. Pada Street Race ini dibuka lomba mulai dari kelas matik, kelas 2 Tak dan bebek 4 Tak. Selain balapan, juga ada sejumlah kegiatan lain. Di antaranya pertandingan tinju, eksibisi moge, vaksinasi booster dan bazzar.
 


(uda)