Penjualan Mobil Baru

Ketika Orang Indonesia Tetap Beli Mobil di Momen Pandemi!

Daya beli masyarakat tetap tinggi di sektor otomotif meski dilanda pandemi? MMKSI
Daya beli masyarakat tetap tinggi di sektor otomotif meski dilanda pandemi? MMKSI

Autogear.id - Pandemi yang hingga kini dinyatakan masih berlangsung di sebagian besar negara di dunia bahkan di Indonesia, ternyata punya fakta mengejutkan pada tahun lalu. Mengingat angka infeksi Covid-19 varian delta dan omicron masih berada di zona tertinggi. Namun angka penjualan kendaraan ternyata masih tetap besar di Indonesia.

Dari keterangan yang dirilis oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), bahwa pencapaian penjualan positif pada keseluruhan tahun fiskal 2021. Dengan total penjualan lebih dari 114.265 unit, atau berkontribusi lebih dari 12%1 terhadap penjualan Mitsubishi secara global, dinyatakan sebagai penyumbang terbesar untuk penjualan retail MMC pada skala global1.

Capaian penjualan mereka pada tahun fiskal 2021 meningkat 60.186 unit atau sebesar 111% dibandingkan dengan performa penjualan MMKSI pada tahun fiskal sebelumnya. Secara membanggakan, Indonesia menempati urutan puncak sebagai distributor dengan performa penjualan retail terbaik disusul oleh U.S.A dan Jepang di posisi tiga teratas3.

MMC mencatat komposisi penjualan merek berlogo tiga berlian itu di Indonesia didominasi oleh model Xpander (termasuk Xpander Cross) dan menempati posisi pertama dengan kontribusi model lebih dari 49%. Diikuti L300 dengan kontribusi 24,4%, dan Pajero Sport dengan kontribusi 17,4%. Sementara sekitar 9% lainnya disumbangkan oleh model Triton, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV2.

Baca Juga:
Seabad Moto Guzzi, Kota Maranello Bakal Dipenuhi Motor

“Hasil positif ini menjadi pemicu semangat kami untuk dapat terus memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, yang sejalan dengan komitmen kepada Indonesia sebagai negara terpenting dan terstrategis bagi MMC di peta pasar global,” ungkap Presiden Direktur PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam siaran persnya.

Memang diakui, merek ini juga punya segudang program menarik yang sayang untuk dilewatkan para penggemar mobil keluarga atau mereka yang sedang mencari mobil keluarga. Namun untuk melihat fakta pembelian kendaraan merek ini terbesar dibandingkan dengan negara lain, mungkin bisa jadi gambaran juga bagi merek lain tentang penjualan mereka. 


(uda)