Pabrikan Motor Honda dan Yamaha Siapkan Teknologi Lampu Laser

Pabrikan sepeda motor Honda dan Yamaha mempertimbangkan untuk menyiapkan teknologi lampu laser - BMW
Pabrikan sepeda motor Honda dan Yamaha mempertimbangkan untuk menyiapkan teknologi lampu laser - BMW

Autogear.id  - Mungkin sebelumnya tak terbayangkan, kalau kendaraan bermotor menggunakan lampu laser. Seperti yang tampil di film-film bernuansa futuristik. Namun sebenarnya beberapa waktu belakangan ini teknologi lampu laser sudah digunakan pabrikan mobil, terutama di mobil-mobil premium.

Melihat hal itu, sepertinya pabrikan sepeda motor juga tak mau ketinggalan langkah, dan ingin menyematkan teknologi tersebut di produk-produknya. Dua merek raksasa, Honda dan Yamaha, akhir-akhir ini juga sedang mempertimbangkan dan mengembangkan penggunaan teknologi lampu laser. Jika berdasarkan paten yang sudah beredar di dunia maya, kedua merek tadi akan menggunakan kabel fiber optik untuk mengaktifkan lampu laser.

Rencananya, lampu laser tersebut disalurkan memakai kabel serat fiber, jadinya komponennya tidak perlu dipasang ke lampu. Keduanya ingin menempatkan unit lasernya di bawah jok, sehingga penyebaran bobot kuda besi ini tetap merata.

Adapun penggunaan teknologi lampu laser ini dikatakan dapat membuat pancaran sinar penerangan yang memiliki jangkauan lebih jauh. Kemudian desain lampu juga bisa dibuat lebih ringkas, sehingga minim penggunaan ruang.

Untuk rancang bangun yang diterapkan, Honda menggunakan dua lampu laser untuk jarak dekat dan jauh. Lampu laser ini juga dilengkapi dengan kamera, supaya bisa menyesuaikan dengan kondisi lalu lintas di depannya.

Sementara Yamaha menggunakan kabel serat optik, untuk menghubungkan ke bagian yang dibutuhkan, misalkan lampu depan, lampu belakang, sampai sein. Jika dilihat dari paten yang sudah beredar, tampaknya Honda dan Yamaha mau menyematkan di motor model sport. Paten dari Honda menggunakan rancang bangun NC750, dan Yamaha menggunakan MT-09.

Setelah ditelusuri lebih jauh, tampaknya penggunaan teknologi lampu laser di sepeda motor bukanlah sesuatu yang baru. Merek sepeda motor asal Jerman, BMW, sudah sempat menyematkan teknologi tersebut di model K1600, tepatnya pada tahun 2016. Namun sayangnya, tidak ada kelanjutannya lagi setelah itu.


(uda)