Tokoh Otomotif

Perginya Sang Saksi Sejarah Industri Otomotif Indonesia, Soebronto Laras

Perginya Sang saksi sejarah perjalanan industri otomotif Indonesia. AG-Uda
Perginya Sang saksi sejarah perjalanan industri otomotif Indonesia. AG-Uda

Autogear.id – Nama Soebronto Laras di kancah otomotif nasional, maupun di mancanegara kiranya sudah tak asing lagi dan familiar di telinga. Baik di kalangan generasi muda, terlebih lagi di kelompok mereka yang eksis di era 70 – 80 an. Sepak terjang sosok yang satu ini begitu menggurita.

Namun kabar duka teramat mendalam telah datang dari dunia otomotif Indonesia, dimana pendiri PT Indomobil Sukses Internasional Tbk., tersebut telah wafat. Ya, Soebronto Laras tutup usia, Rabu, 20 September 2023, di RS Medistra Jakarta, pada pukul 20.00 WIB.
 
"Innalillahi wa innailaihi roji'un. Telah meninggal dunia Pak Soebronto Laras. Semoga almarhum husnul khotimah, diampuni Allah SWT dan diterima amal ibadahnya serta segenap keluarga diberikan kesabaran dan keikhlasan. Aamiin yaa robbal'alamiin," demikian isi pesan dari kerabat Soebronto Laras. Ranah otomotif Indonesia sontak terkejut, seraya memanjatkan doa atas kepulangan Almarhum ke Pangkuan Illahi Robbi.

Soebronto Laras lahir di Jakarta pada tanggal 5 Oktober 1943. Merupakan putra dari R. Moerdono, yang kala itu juga merupakan pengusaha sukses di bidang otomotif. Sepanjang hidupnya, Soebronto Laras aktif berkecimpung di dunia otomotif. Pria yang kerap dijuluki bos Suzuki Indonesia ini bahkan pernah mencicipi karier sebagai pembalap di masa mudanya. 

Baca Juga:
GIIAS Surabaya Resmi Dibuka, Diikuti 24 Merek Kendaraan Bermotor

Sekilas mengintip rekam jejak Almarhum selama ini, karier pertamanya sebagai Direktur PT. First Chemical Industry, yang bergerak dalam bidang formika, alat-alat plastik, dan perakitan kalkulator. 

Berselang empat tahun kemudian, ia menjadi Direktur Utama perusahaan perakitan motor dan mobil Suzuki. Sejak dipegang Soebronto Laras, tepatnya pada 1981, bisnis Indomobil Group semakin kuat. Ditambah lagi dengan masuknya pengusaha asal Tiongkok, Liem Sioe Liong, ke dalam Indomobil Group. 

Seiring waktu berjalan, yakni pada 1984, Soebronto Laras didaulat menjadi Direktur Utama PT. National Motors Co. dan PT. Unicorn Prima Motor, perusahaan yang bergerak di bidang perakitan mobil Mazda, Hino, dan motor Binter.
 
Begitu tingginya dedikasi Soebronto Laras di kancah otomotif, sampai-sampai di usia senjanya, Almarhum masih eksis dan aktif menjabat sebagai Direktur Utama PT. Indohero Steel & Engineering Co., serta Direktur Utama PT Indomobil Utama, perusahaan besar yang bergerak dalam perakitan motor dan mobil Suzuki di Indonesia. Selamat jalan Godfather otomotif Indonesia.


(uda)