Motor Baru

Beda Harga Rp5 Juta, Pilih Mana Grand Filano atau Fazzio?

Mau beli Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected atau Fazzio Hybrid-Connected? Beda harga Rp5 juta apa yang istimewa di Grand Filano? AG-Uda
Mau beli Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected atau Fazzio Hybrid-Connected? Beda harga Rp5 juta apa yang istimewa di Grand Filano? AG-Uda

Autogear.id - Jika Anda sedang mencari motor dengan model klasik namun punya teknologi terbaru, rasanya sekarang ini pilihannya sangat banyak. Di Yamaha sendiri sudah ada 2 tipe motor yang sudah dipasarkan untuk Indonesia yaitu Grand Filano Hybrid-Connected dan Fazzio Hybrid-Connected. 

Sayangnya banyak juga yang menganggap bahwa lebih baik membeli Fazzio dengan harga yang Rp5 juta lebih murah ketimbang membeli Grand Filano yang lebih mahal. Anggapannya adalah adalah harga lebih murah dan mesin sama. Hal ini langung ditepis oleh Manager Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro dalam sesi kupas teknologi Grand Filano Hybrid-Connected di Yamaha Flagship Shop Cempaka Putih, Jakarta Utara pada Senin (13/2/2023). Ia menegaskan bahwa ini adalah 2 motor yang berbeda.

Meski memiliki basis teknis mesin yang sama, namun secara umum banyak perbedaan di antara keduanya. Kemudian juga ada valuasi yang lebih tinggi ketimbang Fazzio. Hal inilah yang kemudian dianggap bahwa kedua motor ini tak bisa dikomparasi secara langsung.

"Ibaratnya kita bisa lihat secara gamblang di pengguna smartphone. Meski kadang-kadang spesifikasi smartphone-nya sama, namun kalau bentuknya berbeda, itu punya valuasi yang berbeda. Sama halnya di motor, meski punya basis mesin yang sama, bukan berarti valuasi dan kebanggaan dalam menggunakannya sama," ujar Anton sapaan akrabnya di sesi beda fitur Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected.

Baca Juga:
Bearing Iglidur H5, Tak Perlu Sering-Sering Oles Pelumas?

Anton melanjutkan bahwa hal ini juga yang menjadikan Yamaha jadi sangat optimis dengan penjualan motor yang masuk di segmen Classy ini. Mengingat Grand Filano sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya, sementara Fazzio baru meluncur 2021 lalu. Artinya Fazzio yang mengambil basis mesin dari Grand Filano, bukan sebaliknya.

"Ini benar-benar motor yang berbeda, sehingga tidak bisa dibandingkan langsung antara Grand Filano Hybrid-Connected dan Fazzio, meski menggunakan basis yang sama. Tapi jika dilihat lebih detail lagi, banyak hal yang berbeda."

Menurutnya, hingga saat ini perbedaan harga yang begitu jomplang antar kedua tipe kendaraan di bawah satu merek namun punya basis sama ini, tentunya sangat banyak. Tapi intinya ini adalah segmen yang berbeda dan detail yang dihadirkan untuk pasar kendaraan Classy Yamaha ini sangat berbeda. Harga Grand Filano sendiri dimulai dari Rp27 juta sementara harga Fazzio dimulai dari Rp22,5 juta. 

Hingga saat ini permintaan Grand Filano terbilang sangat besar dan dikatakan oleh Yamaha bahwa mereka masih akan memaksimalkan kapasitas produksi yang ada dan belum bisa dihitung jumlah indennya berapa lama. Tapi ini akan segera dikirim ke konsumen. Ia juga menegaskan bahwa Filano tak mengambil segmen pasar Fazzio, tapi mereka menambahkan kategori baru yang punya taste lebih berbeda. 


(uda)