Cari Tahu Modif Seputar Roda? Tongkrongin Deh Indonesia Wheels Day

Cari tahu modifikasi seputar roda, Indonesia Wheels Day siap menjadi salah satu pilihan - ilustrasi/daihatsuind
Cari tahu modifikasi seputar roda, Indonesia Wheels Day siap menjadi salah satu pilihan - ilustrasi/daihatsuind

Autogear.id – Banyak pemilik kendaraan melakukan personalisasi pada kendaraan kesayangannya. Agar tampil beda dari yang lainnya. Dan sepertinya melakukan hal tersebut menjadi sesuatu yang jamak untuk dilakukan pemilik, setelah dia membeli kendaraan bermotor.

Sejumlah komponen kendaraan acapkali menjadi sasaran personalisasi. Memang secara khusus, velg menjadi komponen pertama yang dilirik untuk modifikasi. Pasalnya, velg dapat langsung terlihat, dan mempunyai porsi yang lumayan signifikan ketika melihat tampilan eksterior kendaraan.

Melakukan personalisasi dengan memodifikasi mobil menggunakan velg aftermarket, tampaknya telah menjadi budaya tersendiri di kalangan para pecinta otomotif, termasuk di Indonesia. Lambat laun penggemar dan pemerhati velg bermunculan bak jamur di musim penghujan.

Mendorong PT Bintang Langit Multimedia, menggelar sebuah perhelatan khusus mengenai velg dan komponen pendukung di area roda. Event yang diberi nama Indonesia Wheels Day (IWD), merupakan pameran velg dan ban yang diklaim pertama di Indonesia. Acara tersebut rencananya bakal diselenggarakan di QBig BSD City, (9&10/12).

“IWD merupakan wadah bagi pecinta modifikasi, industri aftermarket dan suku cadang kendaraan bermotor. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan ruang berinteraksi, bertukar pengetahuan dan pengalaman bagi pemilik mobil, seputar roda kendaraan,” tutur Ketua Penyelenggara IWD, Hieronimus Girindra.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Manut ini menambahkan, keaslian atau orisinilitas velg selama ini kiranya menjadi salah satu poin penting. Sebab bukan hanya berkait erat dengan keselamatan berkendara di jalan raya, melainkan juga sangat berhubungan dengan banyak hal. “Mulai dari estetika, desain dan nilai jual kendaraan,” ucap Manut.

Dalam kesempatan kegiatan ini, mereka juga menyerukan kampanye untuk menghindari penggunaan velg imitasi atau abal-abal, alias palsu. Mengingat velg seperti itu tidak bisa dipertanggungjawabkan dari sisi kualitas serta keamanannya.

Event ini juga dengan tegas menggarisbawahi unsur keselamatan berkendara. Mengingat begitu pentingnya fungsi roda pada kendaraan. Sehingga apabila pemilik kendaraan ingin melakukan personalisasi atau memodifikasi kendaraannya, harus melakukannya dengan lebih teliti, agar bisa tetap aman dan nyaman, sekaligus eye catching dan sedap dipandang.

Selain pamer berbagai komponen di sekitaran roda mobil, pagelaran ini nantinya juga akan dimeriahkan dengan beragam konten acara. Mulai dari bazaar, bursa velg dan komponen pendukung, talkshow, gathering komunitas, live music dan kontes modifikasi tentunya.

Sejumlah pihak akan turut meramaikan acara ini. Seperti Holyban X IndoOne, Astra Otoparts, dan Yokohama. “Hingga saat ini sudah puluhan merek papan atas yang siap bergabung untuk menambah semarak acara ini,” pungkas Manut.


(uda)