Autogear.id – Piaggio Indonesia menggelar kompetisi Aftersales and Service (AFS), pada Oktober-Desember 2025. Bagian dari strategi penguatan kualitas layanan purnajual, untuk empat merek premium grup Piaggio, yakni Vespa, Piaggio, Aprilia, dan Moto Guzzi.
AFS Competition kali ini mengusung tema 'Committed to Delivering Innovative and Excellent Services', yang merefleksikan komitmen perusahaan.
Terutama memastikan seluruh tenaga purnajual dan servis terus meningkatkan kompetensi, seiring dengan kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis.
“Melalui AFS Competition 2025, kami ingin pastikan seluruh tenaga aftersales dan service memiliki kompetensi yang relevan, dengan standar global Piaggio Group. Sekaligus mampu memberi pengalaman terbaik bagi setiap pelanggan,” ujar PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia, Ayu Hapsari, melalui keterangan resminya.
Rangkaian kompetisi diawali babak penyisihan, digelar serentak di berbagai wilayah Indonesia pada Oktober 2025. Sebanyak 291 peserta dari seluruh dealer resmi PT Piaggio Indonesia turut ambil bagian dalam tahap ini.
Kemudian dari hasil seleksi tersebut, 40 peserta terbaik melaju ke babak final yang diselenggarakan pada awal Desember 2025.
Pada tahap final, para peserta diuji melalui berbagai skenario kerja nyata, penilaian teknis, serta studi kasus layanan pelanggan.
Seluruh rangkaian penilaian dirancang untuk mengukur kemampuan analitis, ketepatan kerja, hingga kualitas interaksi peserta dengan konsumen, yang menjadi elemen penting dalam layanan premium Piaggio Group.
Penentuan pemenang AFS Competition 2025 dilakukan melalui proses evaluasi komprehensif oleh tim juri internal PT Piaggio Indonesia.
Aspek penilaian mencakup akurasi teknis, kecepatan penyelesaian tugas, pemahaman terhadap standar prosedur Piaggio Group.
Kemudian juga kemampuan memberikan solusi yang tepat dan berorientasi pada pelanggan. Kombinasi kompetensi teknis dan kualitas pelayanan menjadi faktor utama dalam memilih finalis terbaik di setiap kategori.
Menutup tahun 2025, PT Piaggio Indonesia juga mencatatkan ekspansi jaringan hingga 65 dealer, tersebar di berbagai wilayah Indonesia.
Mempertegas komitmen perusahaan dalam menghadirkan akses layanan purnajual dan pengalaman premium yang lebih dekat bagi para penggunanya.
(uda)
