Penjualan Mobil

Mobil Hybrid Bawa Angin Segar, Bikin Suzuki Sumringah

Sistem hybrid di Suzuki mampu membawa penjualan mobil merek Jepang itu tumbuh di pasar otomotif Indonesia. SIS
Sistem hybrid di Suzuki mampu membawa penjualan mobil merek Jepang itu tumbuh di pasar otomotif Indonesia. SIS

Autogear.id – Belakangan ini kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan yang ramah lingkungan semakin meningkat. Selaras hal tersebut, pertumbuhan kendaraan listrik dan hybrid kian beranjak naik. Suzuki pun kebagian imbasnya, dimana kiprah kendaraan hybrid nya mengalami peningkatan. Bulan Agustus 2023, Suzuki mencatat peningkatan penjualan ritel sebesar 12 persen, dibandingkan Juli 2023. 

Hal ini turut disumbang oleh kepercayaan pasar terhadap mobil New XL7 Hybrid dan All New Ertiga Hybrid. Data penjualan Agustus 2023 membuktikan, kalau penjualan tertinggi segmen passenger Suzuki masih diduduki New XL7. Model ini berkontribusi sebesar 22 persen dari total penjualan, dimana lebih dari setengahnya merupakan penjualan varian hybrid.

Sejak perdana meluncurkan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS), pada New Ertiga Hybrid di Indonesia pada 2022, Suzuki menerima respons pasar positif. Setelah hampir satu tahun mendukung mobilisasi masyarakat, penjualan New Ertiga pada Agustus 2023 menunjukkan peningkatan sebesar 25 persen dibandingkan Juli 2023. Akuisisi penjualan sebesar 10 persen dari keseluruhan mobil Suzuki, dan 58 persen total penjualan New Ertiga adalah model hybrid.

Segmen mobil penumpang Suzuki juga menunjukkan peningkatan penjualan di bulan Agustus. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, segmen passenger menyumbang 53 persen, dari total penjualan Suzuki di bulan Agustus 2023. Meningkat jika dibandingkan kontribusi passenger-nya di bulan Juli 2023, sebesar 49 persen. 

Baca Juga:
Uniknya Rekor MURI Persembahan Ban FDR, Seperti Apa?

Dalam progresivitas di segmen passenger, secara khusus penjualan mobil hybrid juga menunjukkan peningkatan sebesar 15 persen, dari penjualan hybrid Suzuki di bulan Juli lalu. Selama bulan Agustus, penjualan mobil hybrid berada di angka 38 persen, dari total penjualan mobil segmen passenger Suzuki. Secara bertahap kendaraan passenger dengan permintaan pasar yang baik, juga turut diberikan upgrade. 

Agar semakin maksimal dalam mendukung penggunaan sehari-hari, lewat efisiensi bahan bakar. Serta upaya pengendalian polusi di Indonesia lewat minimalisasi emisi gas buang. Asst. to Dept. Head 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Randy R. Murdoko mengatakan, hal itu dimungkinkan karena makin banyak pilihan kendaraan hybrid Suzuki di tahun 2023. Sehingga bertambah besar peluang masyarakat, untuk memilih kendaraan hybrid Suzuki yang sesuai minat dan kebutuhan.

“Selain itu peningkatan penjualan di bulan Agustus, salah satunya juga dipengaruhi ajang pameran otomotif yang rutin digelar. Penjualan otomotif secara keseluruhan mengalami peningkatan di momentum-momentum besar, seperti ajang pameran otomotif tahunan yang berlangsung di bulan Agustus lalu,” bebernya.

Menurutnya, saat itulah pembelian mobil menjadi sangat menguntungkan bagi konsumen. Lantaran brand menawarkan banyak promo yang memudahkan kepemilikan kendaraan bagi pembeli. “Menariknya lagi, jumlah permintaan masyarakat akan kendaraan hybrid yang meningkat, membuat kami tetapkan arah langkah, menjadi perusahaan ramah lingkungan. Maka kondisi pasar yang positif terhadap kendaraan ramah lingkungan, ikut menjadi angin segar bagi kami,” terangnya.


(uda)