Tips Aksesoris Kendaraan

Tiga Cara Bikin Kaca Helm Punya Efek Daun Talas

Menggunakan water repellent di permukaan visor helm, penting untuk membuat perjalanan saat hujan lebih nyaman dan aman. IG
Menggunakan water repellent di permukaan visor helm, penting untuk membuat perjalanan saat hujan lebih nyaman dan aman. IG

Autogear.id – Ketika berkendara motor di tengah hujan deras, seringkali pandangan terganggu lantaran kaca helm diguyur siraman hujan. Belum lagi cipratan genangan air hujan dari kendaraan lain, ketika motor kita berpapasan.

Kaca atau visor helm umumnya ketika tersiram air hujan akan mengalami distorsi pada pandangan penggunanya. Apalagi kalau menggunakan helm, yang meskipun mengantongi SNI, namun berkualitas standar malah di bawah rata-rata.

Sebenarnya, ada cara ampuh bikin kaca atau visor helm mempunyai efek daun talas. Jadi ketika tersiram air, maka siraman air tersebut akan berpendar. Seperti kalau kita menyiram air di atas daun talas. Dan memang, kaca helm yang punya efek daun talas ini sangat cocok buat mereka yang sering berkendara di kondisi hujan.

Cara pertama yang bisa dilakukan pengendara pengguna helm adalah dengan memasangkan lapisan kaca film pada visor helm motor. Kaca film yang memiliki kemampuan water repellent, belakangan ini sudah banyak tersedia di pasaran. Ada kaca film yang memang sengaja dibuat khusus untuk helm. Ada juga yang universal, sehingga tinggal dipotong seukuran kaca helm, lalu memasangnya.

Baca Juga:
Digempur Sainz di 10 Lap Terakhir, Verstappen Menangi F1 Kanada

Adapun cara kedua yang bisa dilakukan pengguna, adalah dengan menyemprotkan cairan khusus pada kaca helm. Supaya membuat efek daun talas atau water repellent di permukaan visor. Cairan khusus kaca helm ini juga sekarang sudah banyak tersedia di pasaran. Apabila pengendara motor kesulitan menemukan cairan khusus kaca helm, bisa juga pakai yang untuk kaca mobil, hasilnya juga sama.

Selain dua cara tersebut, masih ada langkah ketiga, yakni dengan memasang tear off di kaca atau visor helm kita. Tear off ini selain memiliki efek water repellent, juga mampu melindungi kaca helm dari terpaan benda asing yang terpental, ketika kita sedang berkendara motor. Namun, tear off ini punya kelemahan, yaitu hanya bisa dipasang pada kaca atau visor helm yang sudah flat, serta memiliki dudukan khusus.

Berikut tadi tiga cara yang dapat dilakukan pengendara motor, untuk membuat kaca helmnya memiliki efek daun talas. Mungkin tak ada salahnya untuk dicoba, agar kita mendapatkan penglihatan lebih optimal sewaktu berkendara di kondisi hujan.


(uda)