Formula 1 Kanada

Digempur Sainz di 10 Lap Terakhir, Verstappen Menangi F1 Kanada

Max Verstappen amankan kemenangan dari serangan yang dilakukan oleh Carlos Sainz di 10 lap terakhir. Red Bull CP
Max Verstappen amankan kemenangan dari serangan yang dilakukan oleh Carlos Sainz di 10 lap terakhir. Red Bull CP

Autogear.id - Mendapat gempuran dari rivalnya yaitu Carlos Sainz yang menggunakan Ferrari di 10 lap terahir, menjadi momen yang menegangkan di Formula 1 Kanada. Selain karena perang strategi yang awalnya disinyalir berjalan datar, namun masuknya virtual safety car beberapa kali membuat balapan jadi lebih seru. 

Pertarungan kian mendebarkan ketika Carlos Sainz dengan kompon ban yang lebih baru mampu mendekati Max Verstappen yang awalnya memimpin dengan selisih waktu cukup besar yaitu 8 detik pasca VSC yang kedua. Namun pembalap asal Belanda itu sanggup bertahan dengan performa terbaiknya memanfaatkan tikungan apex dan chicane menjelang garis finish. Meski di sektor 1 dan 2 Sainz selalu mampu mendekat dari belakang.

"Kemenangan ini tentu tak mudah, karena awalnya kami berharap strategi pit stop mengganti ban itu akan berjalan tanpa adanya drama VSC berulang kali. Namun ternyata drama ini membuat ceritanya sedikit berbeda dan menegangkan di akhir balapan. Beruntung saya masih bisa mempertahankan performa mobil dengan baik meski mendapat tekanan besar dari Sainz," ujar Verstappen usai memenangi balapan pada Minggu (19/6/2022).

Hasil ini tentunya sedikit mengecewakan bagi Sainz yang memiliki performa lebih unggul di 10 lap terakhir dari Verstappen. Ia menjadi pembalap dengan catatan lap tercepat sepanjang balapan dan berulang kali mencetaknya. Namun podium kemenangan belum memihak kepadanya, sehingga Ia harus puas finish di urutan kedua.

Baca Juga:
Tampil Sempurna, Quartararo Kembalikan Kejayaan Yamaha di MotoGP Jerman

"Saya sudah melakukan segala cara untuk mengejar dan mendahului Verstappen, namun memang tak mudah untuk melakukan itu. Selain karena performanya yang selalu menjauh di beberapa titik tikungan, juga perlu trik khusus untuk menyusul di trek ini jika selisih performa antar kendaraan tipis. Tapi setidaknya kami bisa membuktikan bahwa mobil kami adalah yang tercepat," cerita Sainz.

Sementara pembalap yang finish di urutan ketiga ditempati oleh Lewis Hamilton. Ini adalah podium pertama yang Ia raih di musim ini setelah melalui awal musim yang tak begitu menyenangkan baginya. Apalagi di seri lalu di Azerbaijan, Ia mengalami sakit pada bagian punggungnya karena karakter mobil yang terlalu mamantul-mantul di sirkuit. 

Sayangnya hasil kompetitif yang diraih Verstappen tak diikuti dengan baik oleh rekan setimnya yaitu Sergio Perez. Pembalap asal Meksiko itu mengalami kerusakan di girboks mobilnya pada pertengahan balapan. Transmisi mobilnya tak bisa berpindah dan Ia harus menepi.

Pembalap yang justru diharapkan bisa mencetak hasil bagus adalah Fernando Alonso, justru kembali kurang beruntung. Ia hanya bisa finish di urutan keenam padahal mengawali balapan dari grid start kedua. 

Hasil F1 Kanada:
1. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
2. Carlos Sainz, SPA, Scuderia Ferrari
3. Lewis Hamilton, BRI, Mercedes GP


(uda)