Pameran Otomotif GJAW 2023

Mobil Mewah Incaran Kaum Crazy Rich Bakal Nongol di GJAW

Mobil baru di segmen premium car juga bakal meluncur di GJAW. AG-Uda
Mobil baru di segmen premium car juga bakal meluncur di GJAW. AG-Uda

Autogear.id - Gelaran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) yang berlangsung di JCC Senayan, Jakarta Pusat, 10-19 Maret 2023, bukan hanya menyajikan performa mobil-mobil kebanyakan. Pameran GJAW yang berlangsung selama 10 hari juga menampilkan sejumlah merek premium sebagai pesertanya. Mobil mewah yang banyak digemari kaum "crazy rich", orang-orang kaya dengan duit tidak berseri. Sebut saja Lexus, BMW M, Porsche dan Mercedes-Benz.

Sejauh ini tampaknya mobil premium senantiasa mendapat tempat di hati konsumen Tanah Air. Mengintip merek Jeep, yang masuk kategori brand premium, sukses mengantongi lebih dari 50 SPK pada gelaran sejenis. Ditambah lagi dengan melihat eksistensi Lexus salah satunya. Pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Agustus 2022, Lexus sudah memamerkan All New Lexus RX 450h+ Luxury dan RX 350h Luxury untuk Asia Premiere.

Kemudian Februari kemarin, All New Lexus RX secara resmi hadir di Indonesia dalam tiga pilihan. Yaitu Lexus RX 450h+ Luxury berjenis PHEV, Lexus RX 350h Luxury berjenis hybrid, dan Lexus RX 350 bermesin bensin. Sebelumnya Lexus juga sudah punya mobil listrik untuk pasar Indonesia, yakni Lexus UX300e. 

Nantinya di gelaran GJAW, Lexus diprediksi akan kembali memperkenalkan varian baru, mobil listrik RZ untuk memenuhi pasar Tanah Air. Digadang-gadang yang akan dipamerkan adalah Lexus RZ 450e. Diperkirakan akan dirilis dengan harga mulai sekitar $50.000 (sekitar Rp 720 Jutaan). Model ini akan bersaing dengan Tim Jerman seperti Audi Q4 E-tron, BMW iX3, dan beberapa model buatan Amerika seperti Ford Mustang Mach-e dan Tesla Model Y.

Baca Juga:
Pilihan Buat Lebaran, GJAW Bakal Pajang Banyak Mobil Tampan

Terlepas dari itu, mengutip apa yang dikatakan General Manager Lexus Indonesia, Bansar Maduma beberapa waktu lalu, hadirnya beragam pilihan kendaraan elektrifikasi Lexus ini diharapkan dapat memenuhi gaya hidup pecinta Lexus di Indonesia. Tak hanya Lexus, merek premium asal Jerman, BMW juga kelihatan eksis di tengah konsumennya. 

BMW Group Indonesia bahkan mengantongi rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah di pasar domestik, dengan transaksi sebanyak 3.742 unit (retail sales) sepanjang 2022. Angka tersebut, tumbuh 21 persen dibanding tahun lalu (year-on-year/yoy), yang kala itu tercatat total penjualannya (BMW dan Mini) sebesar 3.102 unit. Capaian ini merupakan yang paling tinggi sepanjang 21 tahun eksistensi BMW Group di Indonesia.

Menilik dari total penjualan ke konsumen tersebut, sebanyak 3.023 unit di antaranya datang dari merek BMW, dengan kenaikan 24,2 persen yoy. Adapun merek MINI berkontribusi 719 unit, dengan pertumbuhan 7,5 persen yoy.

Kinerja positif sepanjang tahun lalu ditopang oleh sejumlah aspek. Satu di antaranya, serangkaian peluncuran kendaraan terbaru, seperti All-New BMW Seri 2 Gran Coupé dengan desain provokatif dan teknologi terbaru. Lanjut peluncuran BMW X3 serta model kendaraan performa tinggi BMW X3 M dan BMW X4 M.

Baca Juga:
Tim Toyota Gazoo Sabet Podium Kejurnas ITCR 1600 Max dan ITCR 1200

Secara total, BMW Indonesia luncurkan 20 model kendaraan terbaru sepanjang 2022, termasuk di dalamnya rangkaian kendaraan listrik seperti BMW i4, BMW iX, dan Mini Electric. Adapun produk BMW yang berkontribusi paling tinggi berasal dari model seri 3 dengan total penjualan 576 unit. Disusul varian X dengan model BMW X3 terjual 489 unit, dan BMW X5 sebanyak 449 unit. Sementara BMW X1 terjual 392 unit.

Untuk tipe sedan, model paling banyak penjualannya selama 2022 ialah Seri 5 dengan torehan sebesar 294 unit. Sedangkan merek MINI, model paling laris datang dari Countryman yang dirakit lokal berkontribusi sebanyak 336 unit, diikuti MINI 3-Door dengan 260 unit. Bagaimana dengan Porsche? Brand yang satu ini memasarkan beberapa di Indonesia. Yaitu Porsche Panamera, Cayenne, dan Macan sebagai mobil Porsche paling populer. 

Berkait di segmen SUV, merek Porsche memasarkan 2 SUV yakni Porsche Cayenne, dan Macan, 1 Sedan yaitu Porsche Panamera, 4 Coupe yakni Porsche Cayenne, 911, 718, dan Taycan, serta 1 Wagon yaitu Porsche Taycan The Country. Mengenai kendaraan listriknya, di pagelaran GJAW nanti dikabarkan Porsche  juga membawa varian mobil listriknya. Kendati sebelumnya Porsche sudah punya Taycan S Turbo, yang dibanderol dengan harga Rp 2 miliaran.

Hadirnya merek-merek premium di GJAW, menunjukkan bahwa kebutuhan akan merek-merek premium memang ada dan para pelaku memutuskan untuk memperkenalkan produk unggulannya di pameran ini. Dan hal ini tentu menunjukkan posisi penting GJAW, bukan hanya untuk eksistensi merek, namun juga untuk mendorong penjualan,” ujar Sekretaris Umum Gaikindo dalam keterangan resminya, Selasa (7/3/2023).


(uda)