Motor Baru

Fazzio VS Grand Filano? Bukan Tandingannya Bruh!

Yamaha Grand Filano ternyata punya sangat banyak perbedaan dengan Fazzio, yuk intip apa saja perbedaannya! AG-Uda
Yamaha Grand Filano ternyata punya sangat banyak perbedaan dengan Fazzio, yuk intip apa saja perbedaannya! AG-Uda

Autogear.id - Ketika Yamaha meluncurkan Grand Filano Hybrid-Connected akhir Januari 2023 lalu, banyak yang salah kaprah soal teknologi dan fitur yang dihadirkan di motor tersebut. Banyak yang yang menganggap bahwa motor Grand Filano adalah motor yang hanya mendapatkan upgrade dari versi Fazzio Hybrid-Connected. 

Namun faktanya, ini adalah motor beda dari Fazzio. Grand Filano bahkan bukan yang menggunakan basis mesin dari Fazzio, melainkan sebaliknya. Menanggapi hal ini, Assistant General Manager Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro menjelaskan di momentum kupas teknologi Grand Filano pada Senin (13/2/2023) bahwa banyak hal yang berbeda dari motor ini.  
 
“Melalui acara Media Workshop kali ini, kami akan mengupas tuntas seluruh fakta motor ini. Sekaligus menjawab rasa penasaran perbedaannya dengan Fazzio, karena banyak yang menganggap ini adalah versi upgrade dari Fazzio. Padahal ini adalah motor yang berbeda dan bukan Grand Filano yang ambil basis mesin Fazzio, tapi sebaliknya,” tutur Antonius Widiantoro di Yamaha Flagship Shop Jakarta.

Lalu apa saja yang berbeda dari motor ini? Menurut Technical & Education PT YIMM, Ferry Nurul Fajar bahwa perbedaannya sangat banyak. Sehingga jika ingin dikomparasikan antara Fazzio dan Grand Filano rasanya tidak akan ketemu. Lantaran persamaannya hanya ada di basis mesin saja. 

Baca Juga:
Superbike Aston Martin AMB 001 Nongol di Momen Peresmian 2Wheelers

Perbedaan Performa Mesin
Motor ini didukung teknologi Blue Core yang telah disempurnakan dengan mesin Blue Core Hybrid 125 cc sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih efisien saat berkendara serta mendukung performa semakin bertenaga dan handal dibandingkan generasi sebelumnya. Namun daya maksimum 6.1 kW/6500 rpm, torsi maksimum 10.4 Nm/5000 rpm, dan kompresi rasio 11:1. 

Selain itu, didukung Camshaft dengan dekompresi sehingga membuat pergerakan starter awal menjadi lebih mudah dan tidak berat. Untuk mesin juga lebih tahan lama dengan mempertahankan keunggulan forged piston dan DiASil-Cylinder. Performa unggul semakin didukung fitur yang mumpuni, dengan adanya Smart Motor Generator. 

Sebagai sistem starter yang lebih advance dan multifungsi, seperti menghadirkan one push start yang menjadikan mesin menyala dengan cepat dan power assist yang membuat akselerasi awal lebih halus dan bertenaga.

Perbedaan Rangka yang Signifikan
Salah satu pembeda paling mencolok adalah bagian rangka. Jika Fazzio menggunakan rangka simetris dengan bentuk yang sama antara kiri dan kanan serta penempatan tangki bahan bakar di bagian atas ban belakang, di Grand Filano sangat berbeda. Bentuk rangka depan ke bagian bawah dek mempunyai alur berbelok ke kanan. Ini menyesuaikan dengan penempatan tangki bahan bakar yang juga berada di bawah dek.

Baca Juga:
Bakal Rilis Produk Baru di IIMS, Hyundai Kesalip Toyota

Kemudian ukuran diameter rangka sebelah kanan dan sebelah kiri juga berbeda. Menurut Ferry, ini untuk memberikan sistem geometry yang tepat di motor. Lantaran bobot geometry itu kan dihitung keseimbangan bobot dari depan ke belakang, kemudian dari samping kiri dengan kanan. Makanya disesuaikan bentuk rangkanya. 

Kepraktisannya semakin terasa didukung fitur Smart Front Refuel sehingga pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa membuka jok, memiliki kapasitas bagasi 27 L yang terbesar di kelasnya. Sehingga dapat menampung barang bawaan lebih banyak seperti baju ganti atau fashion item yang mendukung pengendara tetap tampil stylish dan nyaman saat berkendara,

Layar Full TFT dan Lampu Full LED
Perbedaan selanjutnya yang terlihat signifikan adalah penggunaan layar Full TFT sebagai bagian dari MID-nya. Salah satu fitur canggih yang utama yaitu fitur Yamaha Motorcycle Connect dengan teknologi Communication Control Unit (CCU), sehingga dapat menghubungkan sepeda motor dengan smartphone melalui aplikasi Y-Connect. Lantaran layar display full TFT, tentu pembacaan informasi di layarnya lebih gampang dan telrihat mewah. 
 
Keunggulan desain, teknologi, fitur, hingga performa Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected menjadikannya pilihan fashion skuter matik berkelas yang lengkap dalam melengkapi gaya hidup modern pengendara sesuai tren masa kini sekaligus memperkuat eksistensi keluarga Classy Yamaha.

Jadi jangan bingung-bingung lagi soal apa yang Anda dapat dengan perbedaan harga antara Fazzio dan Grand Filano sebesar Rp5 juta itu ya. Lantaran valuasi yang Anda dapatkan ketimbang lebih jauh lebih besar dari itu.


(uda)