Motor Baru

Niat Beli XMAX Connected? Wajib Banget Nih Paham Ini!

Yamaha edukasi jurnalis untuk lebih paham teknologi dan fitur yang terdapat di XMAX Connected. AG-Uda
Yamaha edukasi jurnalis untuk lebih paham teknologi dan fitur yang terdapat di XMAX Connected. AG-Uda

Autoegar.id - Anda berniat membeli Yamaha XMAX 250 Connected? Hmm, sepertinya harus membuang jauh-jauh keinginan itu jika Anda ogah paham teknologi interkoneksi di layar dashboardnya. Mengingat di motor versi terbaru XMAX ini punya banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, termasuk ketika untuk sistem navigasi yang sudah terkoneksi langsung dengan aplikasi Garmin Streetcross dan Y-Connect. Jadi bukan sekadar hal teknis penggerak dan teknologi lampu-lampu saja yang bisa Anda dapatkan, tapi juga banyak hal yang bersifat fitur dan kemudahan. 

Melalui kegiatan Media Workshop Bedah Fitur dan Teknologi di Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih, Jakarta pada Selasa (31/1/2023), Yamaha memberikan edukasi kepada jurnalis untuk lebih memahami sejauh mana teknologi dan fitur di motor itu bisa dimanfaatkan. 
 
“Banyak orang yang masih bertanya-tanya kelebihan dan apa yang menjadi dasar Yamaha mulai memasarkan versi terbaru yang syarat atas teknologi informasi ini. Jadi di media workshop bedah fitur dan teknologi ini menurut Kami jadi edukasi penting buat teman-teman jurnalis agar bisa lebih paham dengan ragam fitur baru yang menempel di motor ini. Terutama sebelum membuat tulisan edukasi soal itu. Sehingga pembaca juga lebih paham apa saja yang perlu mereka ketahui sebelum membeli motor ini," papar Assistant General Manager Marketing – Public Relation, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Antonius Widiantoro.
 
Selain memberikan edukasi teknis, momen ini juga mereka gunakan untuk menginformasikan beragam keunggulan yang dimiliki motor dalam mendukung kebutuhan mobilitas dan gaya hidup para pecinta skutik premium di Indonesia. Lantas hal-hal baru apa saja yang terdapat pada XMAX Connected jika dibandingkan dengan generasi lawasnya, dan membuat performa berkendara skutik ini menjadi lebih optimal untuk kegiatan touring dan perjalanan jarak jauh. 

Baca Juga:
Kenalin Nih Jagoan Baru Yamaha, Grand Filano Hybrid-Connected

 
1. Sistem Navigasi
Salah satu fitur unggulan baru yang dimiliki oleh XMAX Connected adalah sistem Navigasi*. Memanfaatkan fungsi GPS yang terdapat pada Garmin Street Cross, pengguna motor dapat semakin dimudahkan ketika mengeksplorasi tempat-tempat baru selama perjalanan dengan bantuan digital maps yang muncul pada layar TFT Infotainment Display. Adapun cara untuk menggunakan fitur ini sangatlah mudah, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut: 

- Download aplikasi Garmin Street Cross pada smartphone.
- Buat akun baru pada aplikasi tersebut.
- Hubungkan (pairing) aplikasi dengan motor menggunakan Bluetooth.
a. Hidupkan Bluetooth pada smartphone
b. Hidupkan Bluetooth pada motor dengan cara : Nyalakan kontak motor, pilih menu setting pada TFT Infotainment display, pilih Connection, pilih Bluetooth, dan pilih Discovery Mode.
c. Lakukan pairing antara motor dengan smartphone.
- Setelah terhubung, download peta (maps) untuk wilayah Southern Asia pada aplikasi. 

2. TFT Infotainment
Selain fungsi navigasi, generasi terbaru XMAX juga dilengkapi dengan sistem TFT Infotainment Display berukuran 4.2-inch & Full LCD Speedometer 3.2-inch yang bersifat informatif serta atraktif. Melalui fitur ini, pengguna dapat mengakses berbagai informasi dan hiburan** melalui tombol pengaturan yang terletak di stang kemudi bagian kiri. Adapun fitur layanan yang terdapat pada TFT Infotainment Display adalah sebagai berikut. 

- Informasi prakiraan cuaca.
- Informasi kondisi sepeda motor.
- Notifikasi telepon dan pesan dengan tampilan visual yang lebih lengkap berupa isi pesan itu sendiri dan juga nomor atau nama kontak yang melakukan panggilan masuk.
- Fungsi kontrol untuk memainkan musik favorit. 

Baca Juga:
Tim REV IT Telkom Surabaya Luncurkan Motor Listrik Trail Electric Ninja

Meskipun telah dilengkapi dengan fitur TFT Infotainment yang menghibur, namun pengguna motor tetap harus mejaga konsentrasi selama berkendara dan menerapkan norma-norma serta peraturan berlalu lintas yang berlaku untuk menciptakan keselamatan dalam berkendara.
 
5. Y – Connect
Kecanggihan XMAX Connected dalam memberikan informasi kepada penggunanya secara lebih praktis, turut direalisasikan melalui kehadiran fitur Y-Connect. Dengan fitur tersebut, pengendara dapat terhubung dengan sepeda motor untuk mendapatkan informasi seputar data berkendara dan juga kondisi motor secara real time yang meliputi poin-poin di bawah ini. 

- Rekomendasi perawatan motor terkait kondisi oli dan aki (battery)
- Riwayat konsumsi bensin per hari sampai dengan per bulan
- Lokasi parkir motor terakhir saat masih terhubung dengan aplikasi Y-Connect
- Riding Log atau rincian informasi berkendara terkait jarak, rute, kecepatan maksimal dan kecepatan rata-rata, serta foto lokasi yang dilewati.
- Rank atau peringkat jarak tempuh dan eco point dengan sesama pengguna Connected model Yamaha. 

Jika smartphone Anda sulit terhubung, beberapa solusi pun dijawab oleh Yamaha. Termasuk beberapa smartphone yang sulit terhubung. Yamaha menegaskan bahwa fitur Auto Connect di motor itu harus dinonaktifkan terlebih dahulu. Lantaran jika tidak dilakukan ketika motor dinyalakan, maka sistem di motor ini akan mencari semua smartphone yang pernah terkoneksi dengannya. 

Kemudian untuk lebih amannya, Anda bisa membuang koneksi yang tidak terpakai lagi. Tujuannya agar ketika motor dinyalakan bisa langsung terkoneksi dengan smartphone yang hanya terkoneksi dengan sistemnya.  


(uda)