Mobil Baru

Porsche Cayenne Baru, Adopsi Sport Listrik Taycan ke Mobil Mesin Bakar

Porsche Cayenne terbaru mengadopsi model dan fitur yang ada di kendaraan listrik brand tersebut.
Porsche Cayenne terbaru mengadopsi model dan fitur yang ada di kendaraan listrik brand tersebut.

Autogear.id – Porsche segera perkenalkan konsep tampilan dan inovasi kendali Porsche Driver Experience, lewat Cayenne baru yang bakal merayakan debut dunianya di Auto Shanghai, 18 April mendatang. Menyediakan tampilan digital sepenuhnya, sementara di tengah, fokus pada poros pengemudi.

Kontrol paling penting telah dikelompokkan di sekitar setir. Ciptakan pengalaman berkendara baru dan lebih intensif. Kokpit premium mengambil elemen mobil sport listrik Taycan, dan mengadopsinya untuk pertama kali ke model mobil dengan mesin pembakaran.

Termasuk klaster instrumen digital dalam desain melengkung 12,6 inci tanpa penutup. Berdiri bebas dengan opsi tampilan variabel, konsol tengah yang direkayasa ulang dan lingkar kemudi generasi terbaru. Pemilih gigi otomatis, sekarang terletak di sebelah kanan setir. Berikan ruang pada konsol tengah, untuk pengontrol AC dalam desain panel hitam terkini.

Penumpang mengalami tingkat interaksi baru dengan kendaraan dan pengemudi, melalui layar penumpang opsional. Dengan kata lain, pengemudi dan penumpang merasakan kokpit baru pada Cayenne terbaru. Gabungkan fokus pengemudi yang lebih kuat, dengan elemen interaktif baru. Juga tawarkan pengalaman berkendara baru buat penumpang.

Baca Juga:
Kocak, Motor Ngegas Sendiri Ternyata Ini Biang Keroknya!

Pengemudi dapat memilih hingga 7 tampilan pada panel instrumen. Penghitung putaran mesin, navigasi online, Night Vision Assist, atau sistem bantuan mengemudi 3D dapat dipilih sebagai tampilan utama. Perwujudan sangat sederhana dan mode klasik juga tersedia, begitupula transfer desain five-tube khas Porsche ke era digital.

Fitur kunci dari Porsche Driver Experience yang baru adalah keseimbangan yang tepat antara elemen digital dan analog. Tombol start mesin baru terletak di sebelah kiri setir, dengan tuas gear terletak di sebelah kanan setir antara panel instrumen dan tampilan pusat.

Setir sport multifungsi baru berasal dari 911, dan telah sepenuhnya direvisi. Sakelar mode berkendara untuk memilih mode Normal, Offroad, Sport, dan Sport Plus langsung pada setir. Tombol toggle baru untuk memilih fungsi dan desain di klaster instrument, juga terletak langsung pada setir.

Seperti juga kontrol untuk tampilan head-up opsional. Layar utama 12,3 inci beresolusi tinggi, adalah pusat kontrol Porsche Communication Management (PCM). Di sini sopir dapat mengoperasikan banyak fungsi berkendara, navigasi online serta multimedia standar.

Baca Juga:
Bezzecchi Dulang Kemenangan Perdana di Trek Basah Argentina

Fitur yang benar-benar baru adalah tampilan penumpang terintegrasi secara opsional, sebesar 10,9 inci. Layar sentuh tambahan memungkinkan penumpang depan membantu pengemudi. Misalnya dengan mengoperasikan navigasi atau memilih layanan media.

Kertas foil khusus memastikan, tampilan tak bisa dilihat dari kursi pengemudi. Ini berarti video dapat ditayangkan di layar penumpang, tanpa mengganggu pengemudi. Peningkatan penekanan horisontal pada dashboard, membuat interior terlihat lebih lebar. Lubang udara dirancang elegan, disusun vertikal dalam gaya khas varian ini.

Untuk pertama kalinya, pabrikan asal Jerman tersebut telah merancang semua lubang udara dalam kokpit tanpa menggunakan bilah. Integrasi layanan online diperluas, lewat penyediaan cara-cara baru dalam berinteraksi. Seperti menggunakan asisten suara Siri, untuk mengoperasikan fungsi kendaraan.

Begitu pula dua port USB-C di kompartemen penyimpanan depan dan dua lainnya di area belakang konsol tengah. Semuanya menyediakan fungsi pengisian cepat. Port USB depan juga menghubungkan ponsel pintar ke PCM. Mengkoneksi smartphone dengan kendaraan, pemilik bisa memindai kode QR di PCM, dengan ponsel tersebut.

Baca Juga:
Kondisi Trek Tak Menentu, Alex Marquez Tercepat di Kualifikasi

Banyak fungsi konektivitas tersedia di dalamnya. Termasuk Apple CarPlay dan Android Auto. Serta aplikasi terintegrasi seperti Spotify dan Apple Music. Menggunakan fitur baru In-Car Video, yang dapat ditonton langsung di PCM melalui penyedia streaming Screenhits TV. Baik pada layar sentral saat mobil berhenti, maupun pada layar penumpang saat berkendara.


(uda)