Pameran Otomotif GJAW 2023

Chery Omoda 5 Laku 500 Unit? Apanya yang Istimewa?

Chery Omoda 5 langsung tancap gas, penjualannya langsung moncer dan bikin persaingan di segmen SUV kompak kian sengit. AG-Uda
Chery Omoda 5 langsung tancap gas, penjualannya langsung moncer dan bikin persaingan di segmen SUV kompak kian sengit. AG-Uda

Autogear.id - Chery adalah pabrikan yang baru kembali ke pasar otomotif Indonesia setelah absen beberapa lama. Ketika orang-orang mulai melupakan brand yang satu ini dengan produknya yang bisa dibilang kurang kompetitif, mereka pun muncul dengan jajaran SUV yang bermain di segmen pasar SUV premium. Salah satu yang paling baru adalah Omoda 5 yang cukup fenomenal terutama pecinta SUV. 

Kehadirannya menawarkan berbagai fitur berteknologi tinggi dan mengakomodasi apa yang diinginkan pasar dari sebuah SUV Crossover Premium. Fitur yang melimpah dengan harga yang ditawarkan cukup menarik, menjadi kunci untuk menarik jumlah konsumen mereka. Dari data terakhir yang dipaparkan CSI, hingga saat ini mobil tersebut sudah laris sebanyak 500 unit sejak diluncurkan pada pertengahan Februari 2023. 

“Kami berkomitmen memberikan produk yang mengakomodasi kebutuhan konsumen dengan teknologi terbaik. Mobil ini dirancang berdasarkan kebutuhan pasar global, sehingga wajar jika memiliki standar tinggi untuk kenyamanan berkendara. Kenyamanan dalam hal ini termasuk pada mesin, transmisi, suspensi, keselamatan, fitur entertainment, dan lain sebagainya,” papar Sales Director PT Chery Sales Indonesia, Rendi Radito. dalam pernyataannya. 

Penetapan harga ini juga merupakan analisis dan dari beberapa survey yang dilakukan PT Chery Sales Indonesia (CSI) pemegang tunggal brand Chery di Indonesia. Tentu dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang disebutkan di atas. Kemudian, tersimpul beberapa hal yang diharapkan konsumen dari sebuah kendaraan SUV Crossover Premium.

Baca Juga:
Resmi Dijual, Yuk Kepoin Agya dan Agya GR Sport Terbaru di GJAW 2023

Beberapa pendapat dari hasil survei itu juga mengatakan bahwa mobil bukan sekadar alat transportasi, tetapi bagi mereka sudah menjadi lifestyle untuk menunjang penampilan. Apalagi mobil ini punya desain yang futuristik dan stylish. Dari 350 orang yang disurvei, ada tiga fitur teratas yang paling disukai. Di antaranya Advanced Driver Assistance System (ADAS), Sunroof, dan 360° Camera. 

Selain itu para ada juga yang suka dengan Super Large Screen 20,5 inch dengan Smartphone Link. Menariknya, para calon konsumen didominasi oleh Gen Z yang sangat aktif dan fashionable. “Kami melakukan survei kepada para konsumen yang ingin dan sudah melakukan pre booking mobil ini. Selera konsumen bisa berubah dari waktu ke waktu. Dengan survei ini juga kami bisa meningkatkan fungsi dari masing-masing fitur yang difavoritkan,” jelas Rendi lagi.

Melibatkan Beberapa Influencer Otomotif
Pada kesempatan talk show “Omoda 5: Coming for Future” di booth Chery pada Minggu (12/3/2023) di GJAW 2023, Beberapa influencer yang mereka ajak pun memaparkan apa saja yang menarik di mobil ini. Bahkan dikatakan bahwa kasta mobil Cina yang dulu dikatakan seperti mobil yang kalah kualitas dibandingkan mobil produksi negara lain, sudah sangat berbeda. Mereka bahkan menganggap ini bukan lagi mobil Cina seperti di saat Chery pernah ada di Indonesia. 

Bukan hanya soal fitur dan teknologi keselamatan di kendaraan ini. Namun juga soal performa kendaraan. Sekarang tugas paling penting yang harus dilakukan oleh CSI adalah, bagaimana mereka memasarkan mobil ini secara masif tanpa dengan kepercayaan tinggi dari konsumen. Salah satu caranya adalah tentu dengan membangun jaringan sebanyak mungkin. 

Baca Juga:
Zona Petualangan ala Mitsubishi Nongol di GJAW 2023

Rendi Radito juga menegaskan bahwa target mereka adalah membangun jaringan lebih masif selama 2023 ini berjalan. Saat ini mereka sudah mempunyai 30 sokongan dealer. Target besar CSI adalah punya jaringan lebih dari 50 dealer tahun ini. Kemudian juga menjaga agar layanan lebih baik ke konsumen. Hmm, tentu ini jadi hal menarik untuk dilihat perkembangannya. 


(uda)