Supercar Edisi Terbatas

Ferrari SP51 ini Hanya Diproduksi Satu Unit, Sultan KW Minggir Dulu!

Ferrari SP15 hanya diproduksi 1 unit dan proses pembuatannya melibatkan sang empunya langsung selama 2 tahun. Ferrari
Ferrari SP15 hanya diproduksi 1 unit dan proses pembuatannya melibatkan sang empunya langsung selama 2 tahun. Ferrari
Autogear.id - Brand supercar seperti Ferrari sangat sering memberikan keistimewaan tersendiri kepada konsumen mereka. Salah satunya adalah memproduksi kendaraan dalam jumlah terbatas. Seperti yang mereka lakukan terhadap Ferrari SP51, mobil ini hanya dibuat 1 unit untuk konsumen spesialnya. Diluncurkan pada Rabu (5/10/2022) waktu Italia dan bergabung dalam kelompok paling eksklusif dari deretan produk Maranello. 

Proyek Khusus
Program Proyek Khusus bertujuan untuk menciptakan mobil Ferrari yang unik karena hanya diproduksi 1 unit untuk konsumen tertentu. Setiap proyek berawal dari ide yang diajukan oleh klien dan kemudian dikembangkan bersama tim desainer dari Ferrari Styling Centre. Setelah menentukan proporsi dan bentuk mobil, cetak biru desain yang terperinci dan biaya pembuatan dikeluarkan sebelum proses pembuatan “One-Off” baru dimulai. 

Secara rata-rata, keseluruhan proses memerlukan waktu sekitar dua tahun. Selama kurun waktu tersebut klien dilibatkan secara aktif dalam penilaian desain dan fase-fase verifikasi. Hasilnya? Sebuah mobil Ferrari yang unik dengan logo The Prancing Horse yang diproduksi dengan standar keunggulan sama yang menjadi ciri khas semua mobil keluaran Maranello. 

Mengutamakan Performa
Dirancang oleh Ferrari Styling Centre yang dipimpin oleh Flavio Manzoni, Ferrari SP51 adalah jenis spider V12 bermesin depan yang berbasiskan Ferrari 812 GTS dan mewarisi tata letak, sasis, dan mesinnya. Jika dilihat sekilas, karakteristik paling kentara dari mobil baru yang menawan ini adalah tidak adanya atap, menjadikannya roadster autentik dalam segala hal. 

Baca Juga:
Citroen Boyong 3 Model, Salah Satunya Mobil Listrik

Mobil ini menonjolkan karakter sporty dan kemampuannya yang memukau baik secara visual maupun dalam memberikan sensasi berkendara yang menyenangkan di udara terbuka. Sistem aerodinamika SP51 melibatkan simulasi komputer untuk mengetahui pola aliran fluida (CFD), terowongan angin, dan pengujian dinamis. 

Desain Spesial
Bentuknya terlihat modern, berliuk sekaligus sensual, bentuk tersebut sebagian besar merupakan hasil dari penggunaan serat karbon secara ekstensif baik pada bagian eksterior maupun bagian interior kabin. Fitur SP51 lainnya yang paling memukau adalah balutan cat tiga lapis warna merah Rosso Passionale baru. Diperkuat dengan strip warna biru dan putih yang terinspirasi dari 410 Sport Spider keluaran 1955. 

Pada bagian depan, lampu depan yang didesain secara khusus memberikan SP51 sebuah ciri khas yang mencolok dan langsung dapat dikenali. Tepat di belakang kabin terdapat dua penopang (flying buttress) yang secara visual dipercantik dengan dua lubang udara dari serat karbon yang masuk ke dalam. Di antara kedua elemen ini terbentang sayap serat karbon melintang, yang profilnya terlipat di atas penopang tersebut. 

Efek yang dihasilkan secara tidak langsung mengingatkan pada mobil bergaya Targa dimana flying bridge secara anggun telah menyembunyikan anti-roll hoop, sebuah isyarat untuk solusi yang kemudian diterapkan pada Prototipe Mobil Sport Ferrari pada awal tahun 1960-an.

Baca Juga:
Sumex 97 Rilis Armada Hino Terbaru Perkuat Sektor Pariwisata

Uniknya, dalam proses pembuatannya, sang empunya dilibatkan secara penuh. Termasuk desain kabin. Proses perwujudannya mengerucut kepada dua ide hebat, yaitu keputusan untuk menggunakan warna merah Rosso Passionale dan ide efektif untuk memperluas corak bagian eksterior hingga ke bagian dalam kabin. 

Tampilan bergaya elegan dan berwibawa ini semakin disempurnakan dengan beberapa detail bordir putih (termasuk logo mobil dan The Prancing Horse, yang terdapat pada bagian bawah setir mobil). Ferrari SP51 model One-Offini dirancang untuk pelanggan setia yang berbasis di Taiwan, yang juga merupakan salah satu kolektor terkemuka Ferrari. Produk ini merupakan sebuah keberhasilan mobil terbuka dua pintu (roadster) pada spider V12 bermesin depan produksi pertama dari Maranello dalam 50 tahun ini. 


(uda)