Komponen Otomotif

Sepenting Apa Sih Pakai Performance Damper di XMAX 250?

Performance Damper XMAX, buat kalian yang ingin motornya lebih stabil. YIMM
Performance Damper XMAX, buat kalian yang ingin motornya lebih stabil. YIMM

Autogear.id - Yamaha XMAX 250 Connected kini tampil dengan desain baru dan ragam hal menarik di tertanam di dalamnya. Namun patut digarisbawahi bahwa sebagian besar dari bagian utama di motor ini seperti bodi utama seperti samping, dek, fairing depan, mesin dan rangkanya masih sama dengan versi sebelumnya. 

Namun ternyata ada komponen tambahan lagi yang diluncurkan Yamaha, tak lama setelah motor versi terbarunya itu diluncurkan. Komponen tersebut adalah performance damper XMAX yang diklaim ampuh mengurangi getar di rangka XMAX. Uniknya, komponen ini ternyata diciptakan memang untuk XMAX generasi pertama. Namun karena rangka dan mesinnya tak mengalami ubahan signifikan dengan versi terbaru, sehingga ini bisa digunakan di XMAX Connected juga.

Menurut After Sales Service Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Kadek Suma Adnyana kepada Medcom.id, bahwa komponen ini fungsinya untuk mengurangi getaran yang timbul di rangka mesin. Lantaran bobot XMAX yang cenderung berat sehingga saat digunakan menikung, motor agak getar dan membuat roda tak menapak sempurna ke permukaan jalan. 

"Sebenarnya fungsi komponen ini lebih kepada mengurangi getaran yang ada rangka mesin dan membuat pengendaraan lebih stabil. Jika dilihat secara grafik pengetesan, komponen ini punya peran penting untuk membuat motor lebih stabil. Efeknya tentu juga kian membuat XMAX lebih nurut di tikungan," ujar Suma sapaan akrabnya. 

Baca Juga:
Niat Beli XMAX Connected? Wajib Banget Nih Paham Ini!

Suma melanjutkan bahwa sebenarnya performance damper XMAX ini sudah diriset sejak XMAX generasi pertama. Namun karena tak lama jeda dari sesi peluncurannya, sehingga komponen ini dianggap sebagai komponen yang hanya cocok di versi terbaru XMAX Connected saja.

Posisi pasangnya berada di rangka sebelah kiri, tepat di mounting bagian atas mesin dan tangki bensin. Tapi pengaplikasian komponen itu harus menggunakan bracket khusus yang memang sudah termasuk dalam pembelian paket damper tersebut. 

"Di website resmi Yamaha Indonesia sudah dicantumkan, tapi saat ini masih belum ready stock. Nanti pekan kedua Februari baru bisa dibeli. Jadi untuk XMAX generasi sebelumnya juga bisa dipasangkan. Harga jualnya adalah Rp3 juta sudah termasuk bracket dan pemasangannya."

Saat sesi test ride Yamaha XMAX Connected di Bali akhir 2022 lalu, beberapa motor yang diuji coba sudah mengaplikasikan komponen tersebut. Feeling berkendara antara motor yang menggunakan komponen itu dengan yang tak menggunakan, tentu jauh berbeda. Terutama soal stabilitas di jalan berkelok dan kecepatan tinggi.


(uda)