Dakar Rally Motor 2023

Menangi 2 Etape Terakhir, Kevin Benavides Juara Dakar Rally 2023

Kevin Benavides juara Dakar Rally 2023 dengan unggul tipis dari rekan setimnya yaitu Toby Price. Red Bull CP
Kevin Benavides juara Dakar Rally 2023 dengan unggul tipis dari rekan setimnya yaitu Toby Price. Red Bull CP

Autogear.id - Konsistensi Kevin Benavides dalam menjalani balapan di Dakar Rally tahun ini, begitu terlihat matang. Ia benar-benar membuktikan strategi menyarang lawan di akhir lomba dengan baik. Bahkan di dua etape terakhir yang berlangsung pada Sabtu dan Minggu (14-15/1/2023) Ia memenangi etape yang berlangsung dari Shaybah ke Al-Hofuf sepanjang 154 km untuk etape spesialnya dan dari Al-Hofuf ke Dammam yang juga jadi lintasan pendek dengan 136 km.

Dua kemenangan yang diraihnya ini meski berselisih tipis dari pembalap yang finish di urutan kedua, namun pereli yang sebelumnya berada di urutan kedua karena tergeser olehnya yaitu Skyler Howes dengan motor Husqvarna-nya, justru tak pernah bisa finish di urutan 5 besar lagi. Hasil ini membuatnya harus merelakan posisi runner up di klasemen dan bergeser ke posisi ketiga. 

Sebaliknya, Toby Price yang sebelumnya hanya berjibaku di urutan 5 dan 10 besar di hampir tiap etape, sanggup menempatkan diri ke posisi kedua. Hingga akhirnya dua posisi teratas diraih oleh pereli tim Red Bull KTM Factory Racing. Artinya, dominasi KTM dan kematangan para perelinya menerapkan strategi apik di kelas balap lintas negara ini, belum tergeser.

Baca Juga:
Hyundai Geber Layanan dan 123 Jaringan Purna Jual di 2023

"Ini adalah balapan Dakar Rally yang tergila menurutku yang pernah ada. Mengingat persaingan pencapaian waktu tercepat di antara para pereli yang ikut di sini hanya berbeda-beda tipis. Dan ini yang membuatku tak bisa berpikir banyak di etape terakhir. Saya hanya berupaya bisa tampil kompetitif dan meraih hasil bagus. Senang rasanya menjadi pembalap pertama yang menang dari dua merek motor berbeda di DR," papar Benavides.

Menariknya, selain selisih waktu yang sangat tipis di antara pereli yang berada di 3 besar, juga karena ketiganya menggunakan tipe motor yang sama. Sementara pereli yang menggunakan motor Honda hanya sanggup mengamankan posisi keempat dan kelima di klasemen akhir. 

Hasil Dakar Rally Motor 2023:
1. Kevin Benavides, Red Bull KTM Factory Racing, 44 jam 27,20 menit
2. Toby Price, Red Bull KTM Factory Racing, +43 detik
3. Skyler Howes, Husqvarna Factory Racing, +5,4 menit


(uda)