Mobil Baru

Citroen C3 Hatchback, City Car Bergaya SUV Harga Mulai Rp225 Juta

Citroen boyong mobil baru C3 untuk pasar otomotif INdonesia, mereka bahkan siap menjual C5 dan mobil listrik. AG-Alun
Citroen boyong mobil baru C3 untuk pasar otomotif INdonesia, mereka bahkan siap menjual C5 dan mobil listrik. AG-Alun

Autogear.id – Era 1930-an mobil merek Citroen mulai hilir-mudik di jalanan Indonesia, dengan model Citroen TA. Ada lagi seri DS yang wara-wiri di Indonesia, pertengahan 1950-an hingga 1960-an. Masuk tahun 1970-an, melalui PT Alun sebagai agen pemegang mereknya, Citroen resmi tancapkan kuku di Bumi Nusantara. Malah PT Alun sempat mendirikan pabrik perakitan Citroen, di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Citroen memasarkan berbagai model di Indonesia. Mulai dari seri GS pada 1974 - 1990, serta pada 1983 seri FAF hadir, dimana notabene merupakan pengembangan seri 2CV. Selanjutnya pada 1978 - 1983 melenggang Citroen seri CX. Sampai pada akhirnya Citroen seri BX pada 1986 - 1994 dihadirkan untuk menjadi model penutup di Indonesia waktu itu.

Tetapi Oktober 2022, Citroen mengumumkan datang kembali ke Indonesia. Citroen menunjuk Indomobil Wahana Trada, anak perusahaan Indomobil Group sebagai distributor eksklusif mereka. Kini, pada 7 Desember 2022 di salah satu mal di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Citroen mempertegas kehadiran 3 model terbaru yang menjadi tulang punggungnya ke hadapan publik. Menambah semarak pasar otomotif Indonesia, pasca berlalunya pandemi.

Salah satu dari 3 model yang diperkenalkan pabrikan asal Prancis ini adalah New Citroen C3 Hatchback. Model pertama dari program “C-Cubed” Citroen yang dicanangkan pada 2019. “Tiga C tersebut mencerminkan posisi Citroen yang Cool, Comfort, dan Clever. Mengacu pada desain model unik, berpengalaman dan konsep yang dipersiapkan khusus selera pasar lokal,” Business Development Head Indomobil Group, Stefan Hutahayan.

Baca Juga:
Prestige Gelontorkan Rp100 Miliar untuk Membuka Distrik Otomotif

Lanjut Stefan, desain C3 mencerminkan kepribadian muda dan dinamis dari profil pelanggan. Menawarkan 4 tema kenyamanan, yakni Live Elevated, dengan desain gaya SUV dan tempat duduk tinggi yang dapat disesuaikan untuk pengemudinya. Kemudian tema Happy Space, usung kenyamanan berkendara yang diklaim layaknya karpet terbang, diimbuhi kabin nan lapang. 

Lalu Infotainment, dengan fitur layar sentuh 10 inci dan fungsi Mirror Screen, kompatibel koneksi nirkabel Android Auto dan Apple CarPlay. Terakhir tema Customized Comfort, lewat 4 warna bodi yang tersedia. Begitupula 2 warna dual-tone dengan total 6 pilihan kombinasi warna berbeda. Kendati tampilannya mirip SUV, Citroen C3 Hatchback tetap tergolong city car. 

Kelihatan dari roof rail yang bertengger di atap mobil, fender di atas roda mobil yang lebih tinggi lengkap dengan cladding, serta front skid plate. Mobil Citroen C3 Hatchback dibekali mesin 1.2L Non Turbo bertenaga 81 Hp/5.750 rpm, dengan torsi maksimum 115 Nm/3.750 rpm. Dikombinasi transmisi manual 5-percepatan, konsumsi bahan bakar 19,8 km/liter, serta kapasitas tangki 30L.

Varian ini memiliki panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm dan tinggi 1.604 mm dengan roof rail. Jarak sumbu rodanya 2.540 mm, serta ground clearance 180 mm. Mengenai harga, model ini dibanderol harga Rp225-230 Juta on the road Jakarta.

Baca Juga:
Ganti Tahun, Altera Tawarkan Penyegaran Interior Mobil

“New Citroen C3 memberikan pelanggan keleluasaan kustomisasi yang komprehensif dan tak tertandingi di kelasnya. Kami yakin, ini akan menjadi ikon gaya baru bagi konsumen muda dan progresif di Indonesia,” pungkas Stefan.


(uda)