Lelang Mobil Balap

Mobil F1 Terakhir Toyota Dilelang

Toyota TF109 adalah mobil F1 terakhir Toyota di musim 2009. planetf1
Toyota TF109 adalah mobil F1 terakhir Toyota di musim 2009. planetf1

Autogear.id: Toyota memang sudah lama mundur dari kancah Formula 1. Namun pabrikan asal Jepang tersebut tetap mencuri perhatian setelah menyumbangkan mobil F1 terakhirnya untuk dilelang demi penanganan wabah Covid-19.  

Mobil F1 Toyota tersebut terakhir kali ikut berkompetisi pada tahun 2009 silam. Jet darat dengan nama TF109 adalah mobil terakhir yang dibuat Toyota sebelum mengucapkan selamat tinggal pada Formula 1.

Mobil ini dilelang lengkap dengan mesin dan gearbox di sebuah acara yang digagas oleh FIA dan RM Sotheby. 

"Sejak awal krisis kesehatan, FIA dan seluruh komunitas olahraga motor telah berkomitmen untuk memerangi pandemi melalui banyak inisiatif seperti #RaceAgainstCovid," kata presiden FIA Jean Todt dikutip dari PlanetF1.

Tak hanya mobil F1 Toyota yang dilelang. Pada acara yang sama beberapa pembalap F1 juga ikut serta dengan melelang baju balap mereka seperti Sebastian Vettel, Charles Leclerc, serta dua pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. 

“Saya berterima kasih kepada semua pembalap dan tim atas kontribusi mereka serta FIA Foundation atas donasinya yang murah hati. Untuk memastikan lelang ini berhasil, saya mendesak setiap bagian keluarga motorsport untuk bergabung dengan kami," tegas Todt.


(uda)