F1 Azerbaijan 2023

Perez Tekuk Verstappen dan Raih Kemenangan Keduanya di 2023

Sergio Perez tekuk rekan setimnya di F1 Azerbaijan. Red Bull CP
Sergio Perez tekuk rekan setimnya di F1 Azerbaijan. Red Bull CP

Autogear.id - Janji Sergio Perez untuk tampil agresif tahun ini dan membuka kesempatannya untuk menjadi seorang peraih titel juara dunia dan bukan sekadar pembalap berstatus nomor 2, rupanya kian besar. Ia meraih kemenangan telak atas rekan setimnya setelah menjalani balapan sebanyak 52 lap. Pembalap asal Meksiko itu pun tampil kuat di sepanjang balapan tanpa tersusul sedikit pun oleh pembalap lain.

Kemenangan Perez ini tak lepas dari keberuntungannya ketika terjadi kecelakaan yang dialami pembalap lain di 10 lap awal. Verstappen yang lebih awal melakukan pit stop, harus merugi lantaran tak lama setelah itu, safety car harus masuk ke lintasan dan mengawal para pembalap beberapa lap lamanya. 

"Cukup beruntung hari ini karena momentum masuknya safety car menjadi momen kunci untuk meraih hasil bagus kali ini. Verstappen juga melakukan tekanan yang cukup besar sepanjang balapan, namun Saya cukup beruntung karena tetap bisa berada di depannya sepanjang balapan berlangsung," papar Checo sapaan akrabnya. 

Verstappen yang berupaya cukup keras menyusul rekan setimnya itu pun tak bisa berbuat banyak. Lantaran hampir di semua sektor di Sirkuit Baku, Azerbaijan, Perez sanggup tampil konsisten di waktu tercepatnya. Sementara Verstappen hanya sanggup tampil cepat di sektor ketiga dan keempat. 

Baca Juga:
Sime Darby Motors Hadir di Indonesia Bawa Merek BMW dan MINI

"Saya rasa masuknya safety car di awal balapan menjadi hal yang membuat kami kurang beruntung. Keitka melihat hasil ini tentu cukup positif mengingat ini menjadi balapan yang cukup sulit. Apalagi melihat degradasi ban cukup besar. Namun Saya bangga karena masih bisa melakukan balapan dengan baik dan berhasil menekan waktu tercepat beberapa kali," ujar Verstappen.

Sementara pembalap tim Ferrari yaitu Charles Leclerc melihat podium pertamanya kali ini jadi podium yang mengesankan. Mengingat Ia berhasil mempertahankan posisinya dari kejaran Fernando Alonso yang finish di urutan keempat. Ia bahkan harus mengakui performa duo pembalap Red Bull Racing lantaran selisihnya memang sangat besar darinya.

Hasil F1 Azerbaijan 2023:
1. Sergio Perez, MEK, Red Bull Racing
2. Max Verstappen, BEL, Red Bull Racing
3. Charles Leclerc, MON, Scuderia Ferrari


(uda)