Pra Musim Formula 1 2023

Serba Baru, Scuderia AlphaTauri Siap Tempur di Musim F1 2023

Hadapi musim balap Formula 1 (F1) tahun ini, tim Scuderia AlphaTauri masih mengandalkan power unit dari Honda. Honda
Hadapi musim balap Formula 1 (F1) tahun ini, tim Scuderia AlphaTauri masih mengandalkan power unit dari Honda. Honda

Autogear.id – Hadapi musim balap Formula 1 (F1) tahun ini, tim Scuderia AlphaTauri masih mengandalkan power unit dari Honda. Selain itu, untuk beraksi di musim F1 2023 tim Scuderia AlphaTauri juga tampil serba baru. Mulai dari mobil balap, livery hingga susunan pebalap baru. Terkait tunggangan baru, tim Scuderia AlphaTauri meluncurkan mobil balap anyar yang diberi nama AT04. 

Hal ini bertepatan dengan acara perkenalan koleksi busana AlphaTauri terbaru di ajang New York Fashion Week 2023, di Lincoln Center, New York, Amerika Serikat. Tak hanya mobil balap baru, livery mobil balap tim pun mengalami penyegaran dan pembaruan. Dimana pada musim ini, tim menambahkan corak warna merah pada bodi mobil AT04. 

Seiring pengumuman kesepakatan kerja sama dengan principal partner tim yang baru, yaitu perusahaan minyak dan gas terbesar di Eropa Tengah, PKN Orlen. Pada musim balap F1 kali ini, tim Scuderia AlphaTauri juga mengalami perubahan susunan pebalap. Nyck de Vries untuk pertama kalinya akan balapan bareng tim, mendampingi Yuki Tsunoda sebagai pebalap utama. 

Sementara dari segi teknis, seperti yang sudah diumumkan sebelumnya, Scuderia AlphaTauri sebagai bagian dari Red Bull Group masih akan melanjutkan kerja sama dengan Honda.Honda sebagai penyedia power unit untuk tim balap asal Faenza, Italia tersebut hingga akhir tahun 2025. 

Baca Juga:
Usai All-New Agya, All-New Daihatsu Ayla Ikut Nongol Hari ini!

 
Sehingga sepanjang musim balap F1 tahun 2023, logo Honda kembali terpasang di bodi mobil AT04. Posisinya yakni di permukaan engine cover, di bagian depan baju balap serta baju tim. Sementara itu logo HRC terpasang di bagian hidung mobil AT04.
 
Untuk diketahui, tim Scuderia AlphaTauri memulai debutnya di ajang balap F1 pada tahun 2020. Kehadirannya sebagai kelanjutan dari tim Scuderia Toro Rosso. Sejak awal hadir hingga tahun 2022 kemarin, tim Scuderia AlphaTauri sudah berhasil mengantongi satu kemenangan, dua kali podium, dan satu kali lap tercepat.
 
Memulai musim tahun ini, tim Scuderia AlphaTauri akan melakukan sesi tes resmi pra musim F1 2023. Bertempat di Bahrain International Circuit, Sakhir, Bahrain, 23 - 25 Februari 2023 mendatang. Menguji performa mobil baru AT04. Adapun, seri perdana musim balap F1 2023 akan dimulai pada 5 Maret 2023 di Grand Prix Bahrain, dan akan berakhir pada 26 November 2023 di Grand Prix Abu Dhabi.


(uda)