Motor Baru

Pakai Ban 12 Inci, New Honda Genio Ketambahan Banyak Fitur

New Honda Genio kini pakai ban dengan ukuran lebih kecil yaitu 12 inci namun menggendong banyak tambahan fitur baru. AHM
New Honda Genio kini pakai ban dengan ukuran lebih kecil yaitu 12 inci namun menggendong banyak tambahan fitur baru. AHM

Autogear.id - Honda kembali meluncurkan motor matic terbarunya yang merupakan update terbaru dari motor dengan kapasitas CC terkecilnya itu. Bagian yang terlihat paling signifikan berubah adalah penggunaan ban berukuran 12 inci yang mendukung proporsi berkendara lebih seimbang dan stabil. Berbekal mesin 110cc diklaim punya performa dan keiritan bahan bakar cukup besar yaitu 59 km per liter. Sementara rangka eSAF (enhanced Smart Architecture Frame) masih tetap jadi sajian utamanya. 

Tambahan fitur-fitur yang kekinian juga ikut nemplok di sana. Di antaranya power charger yang kini berada di rak depan. Jadi selain bisa diandalkan juga fungsional dalam menemani aktivitas keseharian penggunanya.
 
President Director PT Astra Honda Motor (AHM), Keiichi Yasuda mengatakan New Genio merupakan jawaban bagi mereka yang menginginkan skutik harian. Kaya fitur fungsional, namun tetap dapat merepresentasikan gaya hidup mereka yang ingin tampil lebih bergaya.
 
“Motor ini memberikan keseimbangan antar desain yang kompak dengan performa lincah, didukung fitur komplit yang fungsional untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari. Dengan perubahan desain terbaru yang semakin ikonik sesuai perkembangan tren masa kini khususnya di kalangan anak muda, kami yakin motor ini dapat memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan tentunya berbeda dari yang lain,” ujar Yasuda.

Baca Juga:
Siap Sokong Pembalap Lokal ke Dunia, Ini Kata Pertamina!

 
Senada dengan Yasuda, Executive Vice President Director AHM Johannes Loman mengatakan penerimaan masyarakat yang sangat baik terhadap Genio generasi sebelumnya di Indonesia membuat AHM terus berupaya menghadirkan inovasi. Perubahan sesuai dengan tren masa kini. 
 
“Kami terus berupaya untuk terus menghadirkan produk berkualitas sesuai dengan perkembangan minat konsumen setia Honda di Tanah Air. Selain itu kami juga melengkapinya dengan layanan purna jual yang lengkap.” 
 
Semakin Bergaya 
Ubahan pada desain cover dan fender depan menghadirkan bentuk 3 dimensi yang dilengkapi dengan garis berkarakter dan ekspresi tajam dan kuat, membuat model terbaru ini tampil semakin unik dan juga fotogenik. Hal ini didukung dengan dimensi compact, sangat ideal dan nyaman untuk berkendara sehari-hari di tengah padatnya lalu lintas. 

Jarak jok dengan tanah 744 mm mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan step floor yang luas. Didukung ukuran ban tubeless terbaru yang lebih lebar, depan 100/90-12 dan belakang 110/90-12 memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam berkendara serta tampilan yang semakin bergaya.
 
Kapasitas Mesin Sama
Mempertahankan mesin handal 110cc SOHC eSP (enhanced Smart Power) dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang lebih irit bahan bakar. Tenaga maksimal mesin ini mencapai 6,6 kW @ 7.500 rpm, dan torsi puncak di 9,3 Nm @ 5.500 rpm. 

Baca Juga:
Toyota GRI Sapu Poin Maksimal di Seri Pembuka Kejurnas ITCR

Kemampuan ini sanggup membuat Honda Genio semakin responsif saat berakselerasi. ACG starter melengkapi kemampuannya agar tetap halus saat mesin dinyalakan. Fitur ini bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas.
 
Dengan fitur itu pula, berdasarkan hasil tes internal dengan metode WMTC, konsumsi bahan bakar menunjukkan angka 59,1 km/liter (fitur ISS on). Artinya motor ini sanggup menempuh jarak hingga 248 km dalam sekali pengisian penuh bahan bakar. Mesin ini juga memastikan hasil pembakaran yang ramah lingkungan dengan standar emisi Euro 3.
 
Rangka eSAF
Berbicara soal rangka, motor ini punya keunggulan lantaran rangkanya menggunakan teknologi press. Terbukti meningkatkan stabilitas handling, sehingga lebih mudah dikendarai, ringan, dan nyaman dikendalikan saat bermanuver melintasi jalanan perkotaan yang padat. Pemanfaatkan ruang juga bisa dimaksimalkan. Tak heran jika bagasi bisa mencapai berukuran 14 L dan tangki bahan bakar 4,2 L.
 
Harga
Dipasarkan dalan dua tipe, yaitu CBS dan CBS-ISS dengan total 6 pilihan warna. Tipe CBS yang dipasarkan di DKI Jakarta dengan harga on the road (OTR) Rp18.050.000. Tersedia dalam tiga warna, yakni Radiant Red Black, Radiant Brown Black, serta Radiant Black. Sementara itu, tipe CBS-ISS yang dipasarkan dengan harga OTR Rp18.650.000. Pilihan warnanya juga ada tiga, yakni Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown, dan Fabulous Matte Blue.


(uda)