MotoGP Qatar 2022

Suzuki Umbar Performa di Sesi Latihan Jumat MotoGP Lusail-Qatar

Alex Rins menjadi pemuncak waktu tercepat di sesi latihan Jumat MotoGP Lusail, Qatar. Suzuki
Alex Rins menjadi pemuncak waktu tercepat di sesi latihan Jumat MotoGP Lusail, Qatar. Suzuki

Autogear.id - Sesi pekan balap MotoGP 2022 akhirnya kembai dimulai di Sirkuit Lusail, Qatar pada Jumat (3/3/2022). Pembalap Suzuki langsung pasang taji dengan performa terbaiknya yaitu 1 menit 53.432 detik. Ia menjadi pembalap tercepat meski di sesi tes pra musim sangat jarang tampil menonjol.

Posisi kedua ditempati oleh Marc Marquez yang sepertinya mulai menemukan kembali performa terbaiknya dengan beradaptasi pada kondisi pergelangan tangannya sekarang ini. Ia mencetak lap tercepat dengan selisih tipis dari Rins yaitu 0,035 detik. Tentu ini menjadi indikasi bahwa Ia siap kembali tampil kompetitif di 2022 setelah menjalani tiga musim balap yang kurang menguntungkan baginya.  

Kekuatan Suzuki tentu tak cukup terlihat di Rins saja. Mengingat keberadaan Joan Mir di urutan ketiga menjadi bukti bahwa tahun ini Suzuki cukup siap untuk bertarung kembali di urutan terdepan. Ia hanya berselisih 0,147 detik dari rekan setimnya.

Bagian yang menarik dicermati adalah motor Ducati yang biasanya tampil sempurna di sirkuit ini, terlihat seperti kehilangan sesuatu. Hanya Jorge Martin yang mengisi urutan terdepan di posisi 5 besar dengan selisih 0,2 detik dari RIns. Padahal dari sisi performa tahunan di sirkuit ini, mereka cukup sulit untuk ditaklukkan.

Baca Juga:
Pasar Motor Bebek Kian Tipis, Honda Tetap Pede Luncurkan Supra X 125

Tak cukup dengan bukti lap tercepat, dari catatan waktu tercepat yang dibukukan pembalap Ducati, catatan top speed mereka malah kalah dari catatan lap tercepat yang dicetak oleh Rins dengan 355 km per jam. Pembalap Ducati yang mencetak top speed tertinggi untuk sesi latihan hari pertama ini justru dicetak oleh Enea Bastiannini yaitu 354 kpj yang mencetak lap tercepat di urutan ke-11.

Fakta yang mengejutkan lainnya adalah karena top speed Yamaha M1 yang selisihnya cukup jauh dari pencetak lap tercepat, yakni hanya 344-346 km per jam saja. Dengan selisih seperti ini di trek lurus milik Lusail, tentu akan membuat para pembalap yang menggunakan Yamaha kesulitan mengejar ketertinggalan.

Namun fakta-fakta ini masih sangat awal dan belum bisa dikatakan gambaran sepenuhnya sesi balapan untuk balapan nanti. Penggambaran momennya nanti tentu akan bisa dilihat di momen warming up lap pada MInggu pagi atau di sesi kualifikasi. 

Hasil latihan Jumat MotoGP Qatar 2022:
1. Alex Rins SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1'53.432s (355kpj)
2. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +0.035s (353kpj)
3. Joan Mir SPA Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.147s (354k) 


(uda)