MotoGP Qatar 2022

Trik Menguntit Untungkan Jorge Martin Rebut Posisi Pole di MotoGP Qatar 2022

Jorge Martin manfaatkan momen curi angin dari pembalap lain untuk meraih posisi start terdepan. JM
Jorge Martin manfaatkan momen curi angin dari pembalap lain untuk meraih posisi start terdepan. JM

Autogear.id - Sejak awal Jorge Martin bergabung dengan tim Pramac Ducati, Ia sudah menunjukkan talenta terbaiknya dengan beberapa kali meraih hasil kompetitif buat tim satelit brand asal Italia itu. Dimulainya MotoGP seri Qatar dengan sesi kualifikasi yang baru saja berlangsung di Sirkuit Lusail pun menjadi bukti hari ini Sabtu (5/3/2022). 

Ia merebut posisi terdepan dari Marc Marquez yang sempat bertengger di urutan pertama dengan pencapaian terbaiknya yaitu 1 menit 53,011 detik. Dengan pencapaian ini juga Ia mengukuhkan pencapaian terbaiknya di seri pembuka sejauh ini dan memudahkannya bertarung untuk meraih posisi terbaik saat balapan nantinya.

Ia meraih hasil ini tak lepas dari strategi menguntit pembalap lain yaitu Pol Espargaro dan Jack Miller yang ada di depannya. Keuntungan ini benar-benar Ia manfaatkan dengan baik dan akhirnya keluar sebagai pencetak waktu tercepat di sesi kualifikasi.

"Sangat menyenangkan meraih hasil bagus di sesi kualifikasi, meski balapnya memang baru besok. Sebenarnya saya kurang puas dengan performa motor di beberapa titik, namun lap terakhir berjalan sempurna dan akhirnya kami mengamankan posisi start terbaik ini. Tim sudah bekerja dengan baik dan kami berharap di sesi balapan bisa tampil sebagai pemenang," klaim Martin usai meraih posisi start terdepan.

Baca Juga:
Pasar Motor Bebek Kian Tipis, Honda Tetap Pede Luncurkan Supra X 125

Tak berbeda atmosfir kesenangan yang dirasakan oleh Martin, pembalap Ducati lainnya yaitu Enea Bastiannini nongol di lap terakhir dengan kejutan terbaiknya. ia menggeser posisi Marquez yang sebelumnya digeser oleh Martin dan tergeser lagi ke posisi ketiga. Ia pun diprediksi punya kesempatan yang bagus untuk meraih hasil bagus saat balapan nantinya.

Sementara Marquez yang meraih start di urutan ketiga, tak berkecil hati lantaran targetnya untuk dapat mengawali balapan dari lini terdepan, terkabulkan. Mengingat Ia masih berupaya beradaptasi dan mencari gaya balap terbaik dengan cedera lengan yang masih punya efek samping hingga kini.

Ia pun mengakui bahwa sesi balapan baru akan berlangsung pada MInggu (6/3/2022) namun Ia senang bisa meraih posisi start di urutan ketiga. Tentu ini jadi momentum yang pastinya takkan Ia sia-siakan untuk meraih kembali potensinya untuk meraih titel juara dunia lagi.

Nasib malang justru terlihat bagi para pembalap yang menggunakan motor Yamaha. Baik dua pembalap tim pabrikan yaitu Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli hingga pembalap tim satelitnya yaitu Andrea Dovizioso dan Darryn Binder, tidak dapat berbuat banyak. Semuanya berada di luar 10 besar untuk posisi start besok. Namun tentu kejutan bisa saja terjadi saat balapan berlangsung nanti.

Hasil Kualifikasi MotoGP Qatar:
1. Jorge Martin SPA Pramac Ducati (GP22) 1'53.011s
2. Enea Bastianini ITA Gresini Ducati (GP21) +0.147s
3. Marc Marquez SPA Repsol Honda (RC213V) +0.272s


(uda)