MotoGP Qatar 2022

Enea Bastianini Bikin Bahagia Gresini Racing dan Indonesia

Enea Bastiannini bikin Indonesia bangga, lantaran banyak brand asal negara ini yang nempel di motornya. GR
Enea Bastiannini bikin Indonesia bangga, lantaran banyak brand asal negara ini yang nempel di motornya. GR

Autogear.id – MotoGP musim 2022 seri Qatar membawa kejutan. Ketika Enea Bastianini, salah satu rider dari tim Gresini Racing MotoGP sukses meraih podium pertama. Capaian perdana yang diraih Gresini Racing sejak 10 tahun terakhir. Serta raihan pertama Gresini Racing ketika mulai naik kelas ke ajang MotoGP.

Enea pebalap bernomor 23 mengungguli pebalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder. Enea masuk garis finis, dengan catatan waktu 42 menit 13.198 detik. Gap waktu dengan Binder +0.346 detik.

Sedangkan pebalap MotoGP dari tim Repsol Honda, Pol Espargaro, yang sempat memimpin balapan sejak awal harus puas bertengger di podium ketiga, akibat kesalahan menjelang lap terakhir. Adapun posisi keempat dan kelima MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Losail tersebut, masing-masing ditempati Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing dan Marc Marquez tim Repsol Honda.

Pebalap MotoGP dari tim Pramac Ducati, Jorge Martin, yang awalnya menduduki posisi start pertama, gagal selesaikan balapan lantaran  terjatuh, usai tersenggol pebalap Ducati Lenovo, Francesco Bagnaia.

Baca Juga:
Merah Putih Berkibar di IATC Qatar Lewat Veda Ega Pratama

Bisa dikatakan, kembalinya ke kelas utama tidak bisa lebih membanggakan bagi tim yang didirikan mendiang Fausto Gresini. Pasukannya pun dibuat menangis bahagia di Losail Qatar, 5-6 Maret 2022, berkat penampilan luar biasa Enea, yang memadukan seni balapan dengan mesin Ducati Desmosedici GP21.

Performa pebalap berusia 24 tahun layak diacungi jempol, ketika di tahap awal balapan ia terus mendekati posisi depan sambil menjaga kondisi ban di trek Qatar yang berarus cepat.

Setelah menghabiskan sebagian besar balapan di tempat keempat, Enea merangsek lebih jauh dan berhasil melewati mantan juara MotoGP, Marc Marquez dan pebalap Espargaro. Perlahan tapi pasti, Enea mulai menyisihkan posisi Brad Binder.

Tanpa terhentikan lagi, di lap 17 Enea mengantongi catatan yang termasuk lap tercepat balapan, yakni 1’54.338. Sejak saat itu, Enea dengan hati-hati mengatur jarak, hingga bendera kotak-kotak putih hitam berkibar.

Baca Juga:
Awas, Pelaku Lane Hogger di Jalan Tol, Berisiko Kena Tilang Elektronik!

“Perasaan saya luar biasa saat ini. Saya mendorong keras dari awal, tetapi yang paling penting adalah menyelamatkan ban untuk akhir balapan. Saya berhasil menyalip Binder dan kemudian di akhir, begitu saya sangat dekat dengan Pol, saya menyadari bahwa saya bisa mencoba untuk memenangkan perlombaan. Saya melewatinya lurus di tikungan satu dan dia melebar, jadi sejak saat itu semua tentang tetap memimpin dan membawa pulang kemenangan”, tutur Enea.

Ia menegaskan bahwa kemenangan ini didedikasikannya untuk Fausto, karena telah memberinya motivasi luar biasa dari atas langit. Menurut Enea, ini adalah hasil yang fantastis untuk seluruh tim. “Kami semua menangis terharu sekarang, dan saya juga sangat bahagia untuk keluarga saya di rumah, jadi terima kasih banyak untuk semua orang yang membuat ini menjadi mungkin”, ucapnya.

Bagi Indonesia, kemenangan Enea ini ikut membawa kabar gembira. Pasalnya, banyak sponsor yang menempel di motor dan atribut balapannya berasal dari Indonesia. Sebut saja mulai dari pelumas nasional Federal Oil, obat herbal Antangin, suku cadang Aspira, helm KYT, dan Bold Riders.

Serta tak kalah pentingnya, yang jelas-jelas paling bikin bangga Bumi Nusantara adalah di winglet kanan dan kiri tunggangan Enea terlihat logo Wonderful Indonesia. Semakin membuat Indonesia dikenal dunia, terlebih menyambut gelaran perdana MotoGP di Sirkuit Mandalika. Terima kasih Enea.

Hasil akhir MotoGP Qatar 2022
Enea Bastianini, Gresini Racing 42m 13.198s
Brad Binder, Red Bull KTM Factory Racing
Pol Espargaro, Repsol Honda
Aleix Espargaro, Aprilia Racing
Marc Marquez, Repsol Honda
Joan Mir, Suzuki Ecstar
Alex Rins, Suzuki Ecstar
Johann Zarco, Pramac Racing
Fabio Quartararo, Monster Energy Yamaha
Takaaki Nakagami, LCR Honda Idemitsu
Franco Morbidelli, Monster Energy Yamaha
Maverick Vinales, Aprilia Racing
Luca Marini, Mooney VR46 Racing
Andrea Dovizioso, WithU Yamaha RNF
Remy Gardner, Tech3 KTM Factory Racing
Darryn Binder, WithU Yamaha RNF
Fabio Di Giannantonio, Gresini Racing
Raul Fernandez, Tech3 KTM Factory Racing


(uda)